Connect with us

Xiaomi, ‘Padi Kecil’ dengan Eksistensi Sebesar Dunia

Wow!

Xiaomi, ‘Padi Kecil’ dengan Eksistensi Sebesar Dunia

Xiaomi, ‘Padi Kecil’ dengan Eksistensi Sebesar Dunia

Raksasa teknologi pendatang baru, Xiaomi, mungkin belum memiliki usia yang relatif panjang seperti perusahaan teknologi lain semacam Google dan Apple. Ia baru resmi didirikan pada April 2010 silam dan dipimpin oleh Lei Jun, salah satu founder-nya sendiri. Meski begitu, usia muda ini tak lantas menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan yang kekurangan pengalaman.

Lei Jun, Founder dan CEO Xiaomi – Sumber: cdn.wccftech.com

Sederet prestasi sudah pernah disabet oleh perusahaan asal China ini. Xiaomi bahkan dikenal sebagai distributor smartphone terbesar urutan ke 3 setelah Apple dan Samsung dalam taraf internasional. Bukan hanya itu, Xiaomi juga dikenal sebagai perancang, developer, dan seller mulai dari perangkat fisik, aplikasi seluler, dan barang-barang elektronik. Di antara sekian banyaknya prestasi Xiaomi, ia juga patut diacungi jempol karena berhasil menghasilkan perangkat terbaik tanpa menguras dana terlalu dalam.

Bukankah secuil prestasi Xiaomi ini sudah cukup menggambarkan siapa mereka? Masih ada segudang prestasi Xiaomi lainnya yang tidak kalah kalau mau dibandingkan dengan vendor pesaing. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana Xiaomi bisa menaklukan pasar dunia dan memposisikan dirinya sebagai salah satu perusahaan elektronik raksasa di dunia? Rahasianya sebagai berikut.

Bisnis Memang Soal Laba, Tapi Kualitas Akan Jadi Cermin Xiaomi

Selama ini, para pebisnis terlalu fokus untuk menjual produk dan segera mendapatkan laba. Sering kali, kualitas menjadi hal yang dinomorduakan. Padahal, tentu saja tidak ada konsumen yang mau bayar mahal untuk produk buruk. Inilah yang menjadi salah satu rahasia kesuksesan Xiaomi: mereka bisa memberikan produk terbaik tanpa harus menguras kantong konsumen.

Perpaduan dua hal yang menjadi prioritas konsumen (terutama mereka yang sangat sensitif terhadap harga) ini merupakan salah satu kunci produk Xiaomi bisa dikenal dan beredar luas sampai ke pasaran dunia. Xiaomi tergolong pintar untuk memadukan komponen yang ‘murah’ dengan tetap menjunjung tinggi kualitas. Pada akhirnya, harga yang sampai pada konsumen tidak terlampau tinggi dan tentu saja, hal ini menjadi favorit masyarakat.

Orang-orang Terbaik Ditempatkan Pada Posisi yang Tepat

Hugo Barra – Sumber: cdn.androidbeat.com

Kesuksesan sebuah organisasi bukan hanya dilihat dari pencapaian target mereka, tetapi bagaimana mereka mengelola organisasi dengan menempatkan orang-orang terbaik pada posisi yang seharusnya.

Prinsip yang dianut Xiaomi adalah mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang serius dan berpengalaman dalam bidangnya untuk ditempatkan pada posisi dalam organisasi mereka. Investasi dana besar-besaran tak akan jadi masalah bagi Xiaomi karena mereka percaya bahwa apa yang akan mereka dapatkan jauh lebih besar dibandingkan investasi tersebut.

Contoh tindakan Xiaomi dalam merekrut dan memposisikan orang-orang terbaik ini adalah ketika mereka merekrut Hugo Barra sebagai Wakil Presiden Direktur dengan nilai investasi mencapai $10.000.000.000 dan ambisi untuk menjual 20 juta unit ponsel dalam setahun. Atau ketika Xiaomi merekrut Manu Jain sebagai GM sekaligus Head of Operations di India sebagai taktik meningkatkan penjualan pada pasar yang tepat.

Promosi Bukan Hanya Soal Toko Fisik, Tapi Menyampaikan Nilai ke Pelanggan dalam Berbagai Cara

Toko FIsik Perlu, Tapi Tak Jadi Prioritas Utama – Sumber: usa.chinadaily.com.cn

Istilah ‘promosi’ selalu lekat dengan iklan, toko, dan bagaimana perusahaan bisa mendapatkan konsumen untuk membeli produk mereka. Lain halnya bagi Xiaomi yang percaya bahwa promosi lebih dari sekadar adanya toko fisik. Promosi adalah bagaimana mereka bisa menyampaikan nilai-nilai produk kepada pelanggan sekalipun dengan metode mulut ke mulut!

Xiaomi sudah sangat dikenal sebagai vendor peralatan elektronik khususnya ponsel berkualitas tinggi namun tergolong murah. Hal ini menjadikan Xiaomi lekat di benak konsumen yang sensitif terhadap harga. Ketika mereka mendapatkan kepuasan dari produk Xiaomi, mereka akan membicarakannya kepada rekan dan keluarga.

Bukan hanya itu, kepuasan yang bisa diberikan Xiaomi pada konsumen mereka akan melahirkan tindakan yang lebih dari sekadar komentar baik, yaitu ketika konsumen mereka menyarankan produk Xiaomi pada orang lain. Teknik ini justru lebih ampuh dibandingkan menginvestasikan dana besar untuk membuat iklan yang mungkin tidak menarik bagi masyarakat. Pada akhirnya, Xiaomi bisa dikenal masyarakat luas secara lebih cepat dan luas.

Mahasiswi Ekonomi yang 'hobi' nulis. Punya ketertarikan jalan-jalan dan foto-foto. Sedikit gendut banyak bahagianya.

More in Wow!

Popular

To Top