Connect with us

Wow..!! Singapura Memiliki Taksi Tanpa Supir Pertama Di Dunia

Wow!

Wow..!! Singapura Memiliki Taksi Tanpa Supir Pertama Di Dunia

itulho.com – Jika kita sering menonton filem-filem dengan tema masa depan, pasti kita cukup familiar dengan alat-alat yang serba otomatis dan canggih, seperti mobil masa depan misalnya. Namun sepertinya, teknologi canggih yang dibenamkan dalam alat transportasi sepertinya bukan lagi sekedar mimpi.

image

Baru-baru ini tepatnya tanggal 25 Agustus lalu, negara Singapura resmi mengoperasikan taksi tanpa awak, atau biasa disebut juga dengan otonom. Taksi ini beroperasi secara otomatis mengantarkan para penumpang, jadi tidak ada supir yang menjalankan taksi ini. Taksi ini adalah produk dari perusahaan nuTonomy yang berbasis di Amerika dan Singapura.

Dalam hari pertama uji coba tersebut, para penumpang bisa menikmati naik taksi canggih ini secara gratis. Namun untuk bisa menaikinya, anda harus memesanya via smartphone ke operator nuTonomy. Karena masih dalam tahap awal, taksi otomatis ini masih dipantau oleh seorang pengemudi dibelakang setir. Namun pengemudi tersebut tidak mengemudikan atau menaruh tanganya di atas setir, hanya berjaga-jaga saja jika ada hal yang tidak diinginkan mungkin terjadi.

image

Selain seorang supir, juga masih ada satu lagi ahli komputer dan programer yang ikut memantau di dalam mobil. Dia hanya mengumpulkan data-data selama mobil beroperasi. Bukan hanya itu, adanya supir yang ikut menemani di dalam mobil, juga berguna untuk mengumpulkan data seberapa puas para penumpang dengan adanya taksi otomatis tersebut. Namun supir hanya ikut dalam masa awal pengoperasian saja, nanti setelah semua data terkumpul dan masa uji coba berjalan sukses, seterusnya taksi ini akan benar-benar dilepas tanpa awak.

Dalam gebrakan teknologi transportasi, Singapura diclaim menjadi satu-satunya negara pertama di dunia yang mengoperasikan taksi otomatis tanpa supir. Namun selama masa awal ini, armada taksi otonom masih terbatas hanya 6 unit. Dan akan ditambah seiring waktu berjalan. Rencananya, taksi otonom ini akan sepenuhnya beroperasi 2018 nanti.

image

Perusahaan startup nuTonomy yang berpusat di Massachussetts, Amerika Serikat memang sengaja menjajal mobil canggih tanpa sopir ini di Singapura. Melihat kebutuhan akan jasa taksi disini cukup tinggi karena mahalnya biaya jika harus membeli mobil sendiri. Selain tarif taksi yang lebih murah, peraturan lalu lintas yang cukup ketat juga menjadi faktor utama taksi otonom ini diluncurkan.

Namun karena masih dalam tahap awal, jarak yang bisa ditempuh oleh taksi ini tidak terlalu jauh. Hanya sebatas 4 kilometer persegi. Namun nanti jika taksi otonom ini benar-benar beroperasi sepenuhnya, maka keterbatasan tersebut bisa dibenahi ulang karena membutuhkan izin dari pemerintah Singapura untuk rute yang bisa dilalui taksi otonom ini. Sementara ini, unit taksi otonom dibuat dengan menggunakan mobil Mitsubishi dan Renault yang telah dimodifikasi.

image

Sepertinya jika berjalan cukup lancar, mobil taksi supir ini akan menjadi hal yang umum di berbagai kota di dunia. Selain lebih aman, taksi otonom ini juga bisa menjadi solusi bagi kota yang memiliki masalah macet yang parah, contohnya Indonesia sendiri. Namun kira-kira, apa pemerintah kita bersedia untuk mengoperasikan taksi otonom ini di Indonesia? Hmm, untuk sementara.. Masih menjadi tanda tanya yang belum bisa kita jawab.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Wow!

Popular

To Top