Connect with us

Wow..!! Ilmuan Ahirnya Bisa Memprediksi Kematian? Benarkah Demikian?

Wow!

Wow..!! Ilmuan Ahirnya Bisa Memprediksi Kematian? Benarkah Demikian?

itulho.com – Kematian.. sebagai seorang yang beragama, kematian lebih dieratkan pada takdir dan rahasia sang pencipta. Dalam agama manapun, kematian adalah  hal yang cukup misterius dan tidak dapat diprediksi kapan kematian itu akan datang. Seolah kematian memang sudah berada di batas akal manusia, dan sudah masuk pada kawasan kuasa Tuhan. Namun benarkah setiap orang berfikir demikian?

 

Ternyata pemikiran berseberangan telah diungkapkan oleh sekelompok ilmuan. Para ilmuan ini memang sengaja melakukan eksperimen untuk menguak fakta dan rahasia datangnya kematian. Mereka menyatakan, bahwa selama ini pendapat para ahli biologi yang berasumsi bahwa kehidupan manusia hanya memiliki dua fase yaitu kanak-kanak dan dewasa, ternyata salah. Selama ini, para ahli biologi memang memiliki asumsi bahwa manusia akan mengalami dua fase sebelum datangnya kematian.

Yaitu fase kanak-kanak yang ditandai dengan cepatnya pertumbuhan dan perkembangan. Dan fase dewasa yang ditandai dengan sempurnanya kemampuan seksual dan puncak dari fitalitas manusia itu sendiri. Setelah manusia mencapai fase akhir dewasa, biasanya kemanpuan seksualitas akan menurun dan fisik akan semakin melemah. Dan setelah fase ini, kemungkinan kematian yang dialami akan meningkat setiap tahunya.

Namun dua ahli biologi Laurence Mueller dan Michael Rose dari Univeristas California di Irvine yang mempelajari prediksi datangnya kematian tidak sependapat. Mereka menggunakan lalat buah Drosophila untuk mempelajari bagaimana kematian akan datang. Dan mereka mengaku, prediksi mereka akurat hingga 80% lewat uji coba tersebut. Awalnya, mereka cukup kecewa karena merasa tidak mendapat hasil apa-apa. Namun setelah dilihat lebih detail, ternyata hasil dari penelitian mereka memberikan hasil yang cukup mencengangkan.

image

Mereka melakukan eksperimen pada 2.828 lalat betina. Dan setiap botol mereka isi dengan satu lalat betina dan dua lalat jantan. Ternyata, kematian dari lalat betina atau lalat jantan bisa diprediksi 3 hari sebelum lalat itu mati. Dan dari eksperimen tersebut, mereka mengaku tingkat akurasinya adalah 80%. Fakta yang mereka temukan adalah, ternyata kematian tidak tergantung dari usia. Melainkan dari tingkat kesuburan. Hal tersebut mereka buktikan dengan membandingkan data dari 2 lalat betina berumur 15 hari dan 60 hari.

Keduanya mati, dan sebelum hal itu terjadi, ditandai dengan menurunya tingkat kesuburan. Ketika tingkat kesuburan sudah mulai menurun, maka beberapa hari kemudian lalat itu akan mati.
Itu juga berlaku bagi lalat jantan. Mereka mengetahui tingkat reproduksi dan kesuburan lalat dilihat dari telur-telur yang mampu dihasilkan oleh lalat betina setiap hari.

image

Namun ternyata, hasil dari riset itu ditentang oleh seorang ahli biologi bernama James Curtsinger, Ilmuwan dari Universitas Minnesota yang juga sama-sama meneliti kaitan lalat buah dengan prediksi kematian. Dia berpendapat, bahwa penelitian yang dilakukan pada lalat tidak bisa dijadikan bukti kuat bahwa kematian bisa diprediksi. Dia jug berpendapat, pernyataan para ilmuan yang menyatakan telah menemukan rahasia dari prediksi kematian tersebut cukup ambigu. Karena manusia dan hewan selain lalat buah, belum tentu memiliki fase kehidupan yang sama.

Meski penemuan ini masih menjadi perdebatan, namun bisa jadi ini menjadi langkah awal bagi manusia untuk mulai masuk dalam “wilayah Tuhan” yang sebenarnya cukup terlarang. Namun bagi ilmuan, tak ada tempat yang mereka anggap tidak bisa dijamah oleh ilmu sains. Meski begitu, perdebatan memang sering terjadi. Baik dikalangan orang aw, atau kalangan para ilmuan itu sendiri. Dan pendapat mana yang anda percaya, itu tergantung pilihan anda.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Wow!

Popular

To Top