Connect with us

Tips Cara Memilih Flashdisk Yang Baik

Trending

Tips Cara Memilih Flashdisk Yang Baik

ItuLho.com – USB Flash Drive (dikenal dengan nama Flashdisk) adalah media penyimpanan data kilat tipe NAND (Not AND), flashdisk memiliki alat penghubung Universal Serial Bus (USB) yang terintegrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta mudah untuk dibawa kemana saja. Per Januari 2013, kapasitas yang tersedia untuk Flashdisk mulai dari 64 megabyte (MB) hingga 512 gigabyte (GB).

USB Flash Drive / Flashdisk memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan lainnya, khususnya Floppy Disk ataupun Hardisk. Alat ini lebih cepat, kecil, kapasitas penyimpanan lebih besar, serta lebih cepat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak).

Namun Flashdisk ini juga memiliki beberapa kekurangan, yakni memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Flashdisk ini rata-rata hanya dapat tahan paling lama 5 tahun. Mengapa demikian? Ini dikarenakan oleh memori kilat yang digunakan tidak dapat bertahan lama. Dibandingkan dengan Hardisk yang menggunakan media “cakram” untuk menyimpan data sehingga dapat bertahan hingga 12 tahun lamanya.

Dalam hal ini kami akan menjelaskan “Tips Cara Memilih Flashdisk Yang Baik“, berikut ulasannya :

[nextpage title=”1. Merk Flashdisk”]

1. Merk Flashdisk

1

Mengapa harus merk? Ya, merk merupakan bagian yang utama dari pemilihan Flashdisk, karena dengan kita memilih merk yang ternama kita akan mendapatkan beberapa kelebihan dalam hal perawatan dari Flashdisk itu sendiri, misalkan support Garansi, Standarisasi software, dukungan software dan juga merk yang ternama biasanya mempunyai kualitas baik dan kuantitas diatas standar. Banyak sekali merk-merk terkenal dari flashdisk, diantaranya : Kingston, HP, Sandisk, Transcend, dan banyak yang lainnya.

Untuk memilih merk flashdisk, diharapkan bagi anda untuk selalu memperhatikan sisi keaslian dari flashdisk itu sendiri. Saat ini banyak merk-merk flashdisk terkenal/branded yang sudah dipalsukan.

[nextpage]

2. Kecepatan Transfer Data

usb_comparation

Perbandingan Kecepatan Transfer Rate Flashdisk

Dalam hal ini, kecepatan transfer data dalam Flashdisk merupakan bagian yang terpenting, karena apabila kecepatan transfer data pada flashdisk yang anda pilih lambat maka proses (transfer copy-paste) data akan terasa lambat dan memakan waktu yang lama. Dalam hal proses Transfer Rate, media yang sangat berpengaruh akan cepat atau lambatnya Transfer Rate/ Kecepatan Transfer Data pada Flashdisk merupakan Universal Serial Hub (USB). USB itu sendiri terdiri dari beberapa tipe menurut tahun keluaran pada USB tersebut, berikut perbedaannya :

a. USB 2.0 = Diluncurkan pada tahun 2013, kebanyakan Flashdisk menggunakan perangkat konektor USB jenis ini, dengan kecepatan transfer rate yang mencapai 60 MB/s.

b. USB 3.0 = Dipublikasi pada awal tahun 2010, pada jenis konektor USB jenis ini kecepatan transfer rate yang tinggi yakni mencapai 625 MB/s.

Pada umumnya, flashdisk diproduksi menggunakan bentuk konektor tipe USB 2.0, dan akhir-akhir ini beberapa pabrikan flashdisk juga telah mengeluarkan produk dengan Flashdisk yang telah menggunakan konektor tipe USB 3.0.

Bagi anda yang ingin mengecek berapa kecepatan flashdisk, anda dapat mengunjungi situs berikut : KLIK

[nextpage]

3. Ukuran / Kapasitas Flashdisk

Storage

Hal yang terpenting lainnya adalah kapasitas flashdisk itu sendiri. Pilihlah kapasitas flashdisk sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan anda merupakan orang yang hobi dengan mengkoleksi film, anda dapat memilih kapasitas flashdisk yang besar (misalkan dengan ukuran 16GB, 32GB, atau lebih).

Akan tetapi untuk anda orang yang hanya menggunakan flashdisk ini untuk menyimpan data office seperti word, excel, access, dan data yang berukuran kecil lainnya, kami menyarankan untuk anda memilih kapasitas flashdisk yang tidak terlalu besar (misal dengan ukuran 8GB). Perlu diketahui bagi anda bahwa semakin besar kapasitas Flashdisk itu sendiri semakin riskan pula tingkat kerusakan flashdisk itu sendiri juga terlalu sering digunakan (misal data corrupt, error status, dsb).

[nextpage]

4. Bahan dan Bentuk Casing Flashdisk

thumb_drives

Pemilihan bahan dan bentuk casing flashdisk juga harus diperhatikan untuk anda yang ingin membeli flashdisk. Bahan Casing Flashdisk haruslah terbuat dari bahan yang kuat dan tahan terhadap panas apabila perangkat flashdisk itu sedang digunakan pada komputer atau leptop. Jangan terpengaruh dengan warna ataupun bentuk yang menarik, karena dengan kekuatan casing flashdisk itu juga menentukan awet atau tidaknya perangkat flashdisk tersebut.

Disamping itu, dengan memiliki bahan dan bentuk casing flashdisk yang kuat membuat anda tidak perlu khawatir dengan komponen-komponen flashdisk jika sewaktu-waktu flashdisk anda terjatuh.

[nextpage]

5. Fitur Utility

usb-flash-drive-shaped-like-a-lock-3

Terkadang kita perlu mengamankan data kita yang sudah tertulis di dalam Flashdisk, maka Fitur Utility ini sangat diperlukan, misalkan kita ingin Flashdisk yang kita miliki mempunyai fitur antivirus tersendiri dalam flashdisk itu, ataupun fitur lain yang diberikan oleh para produsen Flashdisk lain. Misalkan Produsen Kingston memberikan Utility terhadap konsumen seperti Aplikasi Locker+, Privacy, Fingerprint Locker, dsb.

[nextpage]

6. Harga

Janganlah anda tergiur dengan harga flashdisk yang murah namun memiliki kapasitas yang besar. Flashdisk murah yang memiliki kapasitas besar tidak menjadi jaminan bahwa flashdisk itu memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Berbeda dengan merk-merk flashdisk terkemuka (seperti yang dijelaskan diatas), mereka tentu akan memasang harga yang wajar daripada merk yang kurang terkenal atau bahkan merk palsu.

Demikian adalah beberapa Tips Cara Memilih Flashdisk yang Baik, diharapkan bagi anda yang ingin membeli flashdisk untuk memperhatikan beberapa tips diatas sebagai sumber referensi anda.

Don't Think Outside The Box. Think Like There is No Box.

Click to comment

Leave a Reply

More in Trending

Popular

To Top