Connect with us

Suka Tidur Setelah Sahur? Waspadai 8 Penyakit Berbahaya ini

Life

Suka Tidur Setelah Sahur? Waspadai 8 Penyakit Berbahaya ini

itulho.com – Biasanya kebanyakan orang akan langsung tidur lagi ketika selesai melakukan santap sahur. Hal tersebut wajar, karena rasa kantuk ditambah perut yang kenyang setelah santap sahur, memang cukup menggoda untuk segera kembali ke atas kasur yang hangat dan empuk. Tapi tahukah anda? Bahwa sebenarnya tidur setelah santap sahur merupakan kebiasaan buruk yang bisa mendatangkan penyakit-penyakit berbahaya? Dan inilah 8 penyakit berbahaya yang bisa disebabkan karena kebiasaan tidur setelah santap sahur.

1. Heart Burn

image

Heart burn atau nyeri ulu hati, adalah salah satu hal yang biasanya dirasakan orang yang memakan cemilan atau makanan “berat” sebelum tidur. Biasanya anda akan merasakan ulu hati anda terasa panas dibarengi rasa nyeri. Hal tersebut disebabkan karena asam lambung naik sehingga memenuhi rongga dada akibat anda tidur setelah makan. Jika hal ini sering anda alami dan anda tidak segera merubah kebiasaan anda, maka penyakit yang berbahaya seperti Maag kronis sudah mengintai.

2. Gerd

image

Istilah Gerd atau biasa juga disebut Gasteophageal Reflux, adalah rasa sakit di bagian dada karena efek heart burn. Biasanya dada anda akan terasa seperti terbakar dan kerongkongan anda terasa panas. Jika hal ini sering terjadi, maka sebaiknya anda segera periksakan diri ke dokter.

3. Meningkatnya Produksi Gas Amonia

image

Gas amonia adalah gas yang memiliki kandungan racun yang berbahaya bagi tubuh. Ketika anda tidur, maka kinerja organ pencernaan melambat. Maka ketika anda langsung tidur setelah santap sahur, banyak makanan yang tidak dapat dicerna secara sempurna. Hal ini akan meningkatkan banyaknya sisa-sisa makanan di dalam usus. Dan ketika makanan ini membusuk, akan meningkatkan kadar gas amonia yang berbahaya bagi tubuh.

4. Meningkatnya Bakteri Jahat Dalam Usus

image

Banyaknya sisa makanan dalam usus yang tidak dapat dicerna secara sempurna, akan meningkatkan resiko meningkatnya jumlah bakteri jahat  miskin oksigen atau biasa disebut juga dengan bakteri Anaerob. Bakteri ini akan meningkatkan kadar asam lambung sebab sistem metabolismenya yang memproduksi asam. Jika terus dibiarkan, maka anda akan terkena penyakit maag.

5. Penyakit Liver

image

Meningkatnya bakteri jahat dalam tubuh, bisa meningkatkan kadar asam di dalam tubuh kita. Ternyata meningkatnya kadar keasaman tubuh, membuat kadar Asam Nitrit juga meningkat. Padahal jenis Asam Nitrit adalah zat yang cukup berbahaya bagi hati. Asam ini akan membuat kerja Liver lebih berat hingga resiko kerusakan Liver juga semakin meningkat.

6. Obesitas

image

Obesitas juga akan menjadi ancaman bagi anda yang biasa tidur sehabis sahur. Obesitas sendiri disebabkan karena kalori yang menumpuk dalam tubuh, sebab anda tidak melakukan kegiatan apapun setelah makan untuk membakar kalori tersebut. Obesitas sendiri dapat menjadi sebab berbagai penyakit mematikan.

7. Penyakit Jantung

image

Salah satu penyakit mematikan yang siap mengintai anda adalah penyakit jantung. Kegiatan tidur yang anda lakukan sehabis makan, akan membuat kalori dan lemak dalam tubuh tidak terbakar menjadi energi. Sehingga sisa kalori dan lemak ini dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan sakit jantung.

8. Diabetes

image

Penyakit ini bisa muncul karena efek dari Obesitas. Timbunan kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, bisa menyebabkan penyakit Diabetes. Jika penyakit ini sudah menyerang, sangat susah untuk diatasi.

Jadi kesimpulanya, usahakan jangan langsung tidur setelah santap sahur. Karena kebiasaan buruk tersebut bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya untuk mendekat. Jika anda ingin melanjutkan tidur anda, maka tunggulah sekitar 1-2 jam setelah anda makan.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top