Connect with us

Pengen Agar Puasa Tidak Bolong? Pelajari 5 Menu Praktis Bergizi Ala Anak Kos ini

Life

Pengen Agar Puasa Tidak Bolong? Pelajari 5 Menu Praktis Bergizi Ala Anak Kos ini

itulho.com – Wah..  Tidak terasa kita sudah masuk bulan puasa. Bagaimana puasa pertama anda?  Apakah cukup sukses atau bikin anda lemas setengah mati?  Untuk anda yang beragama islam, puasa adalah suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tentunya bagi anda yang terbiasa memiliki rutinitas padat sehari-hari, harus menyiapkan diri ketika bulan puasa tiba agar rutinitas tidak terganggu.

Namun sebenarnya, banyak faktor yang bisa mengganggu ibadah puasa kita. Bisa karena kita lupa makan sahur, atau makanan sahur yang kita konsumsi memiliki nilai gizi yang kurang sehingga membuat rutinitas kita terganggu selama menjalani puasa. Oleh karena itu,  mengkonsumsi makanan yang bergizi ketika sahur dapat menjaga puasa anda agar tidak bolong.

Namun seringkali makanan yang bergizi tinggi selalu identik dengan bahan-bahan mahal serta cara memasak yang rumit. Tapi jangan hawatir, berikut ini akan saya berikan 5 menu praktis yang kaya gizi dengan biaya yang cukup murah. Sangat cocok sekali untuk para anak kos yang memiliki budget minim atau anda yang tinggal sendiri. Cara memasaknya juga sangat sederhana, sehingga semua orang bisa mencoba membuatnya. Dan yang paling penting,  kandungan gizinya cukup bisa di andalkan. Dan inilah 5 menu praktis bergizi tinggi untuk menu sahur anda.

1.  Martabak Mie, menu sahur praktis gak pake repot

image

Menu pertama yang bisa anda coba adalah martabak mie. Cara pembuatan yang cukup simple, membuat siapa saja bisa memasaknya. Yang anda butuhkan hanyalah sebungkus mie rebus dan juga telur tentunya. Pertama-tama, rebus mie hingga matang lalu tiriskan. Masukan mie ke dalam telur lalu aduk hingga merata. Kumudian goreng hingga matang. Anda bisa menambahkan irisan bawang merah, bawang putih, serta cabai agar rasanya lebih nikmat.

2.  Terong Balado, menu nikmat bagi yang suka pedas

image

Sayuran adalah salah satu menu yang mengandung banyak vitamin dan gizi. Bagi anda yang suka menu pedas, terong balado bisa menjadi pilihan yang cocok. Caranya juga tidak sulit. Cukup haluskan cabai rawit, tomat, cabai merah, bawang merah, bawang putih, sejumput garam, dan tambahkan sedikit gula. Iris-iris terong ungu yang sudah anda siapkan sesuai selera. Boleh dipotong dadu atau diiris memanjang. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Masukan terong ungu ke dalam wajan bersama bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi, aduk rata dan tunggu sampai matang.

3.  Tumis Jamur Tiram, menu sahur yang rasanya gak kalah sama daging

image

Untuk anda yang ingin bisa makan sahur pakai daging namun terkendala dana, kenapa tidak mencoba memasak jamur saja? Tumis jamur tiram bisa menjadi menu sahur yang tepat yang bisa anda coba. Caranya, iris kecil-kecil jamur tiram yang sudah anda siapkan, lalu cuci hingga bersih. Kemudian tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombai,  dan cabai yang sudah dipotong kecil-kecil. Jumlah cabai bisa anda tambah atau anda kurangi sesuai selera. Lalu masukan jamur tiram yang tadi sudah anda potong-potong, tambahkan kecap, gula, merica, garam, dan saus tiram, aduk rata, tunggu hingga matang dan berbau harum.

4.  Telur Dadar Campur, gak harus ahli buat bisa masak menu

image

Telur memang menjadi salah satu bahan yang mudah didapat, dengan harga terjangkau, namun tetap memiliki gizi yang tinggi. Dan salah satu menu andalan dan sering menjadi menu pilihan dikala waktu mendesak adalah telur dadar campur. Alasanya, anda tidak harus memiliki skill memasak untuk bisa membuatnya. Anda cukup menyiapkan telur, lalu campurkan irisan sayur,  suwiran daging,  atau potongan sosis yang sudah diiris kecil, lalu aduk hingga merata. Kemudian goreng. Jangan lupa beri sedikit garam untuk tambahan rasa. Anda juga bisa menyantapnya dengan kecap atau saus sesuai selera.

5.  Sayur Orak-Arik, menu yang bisa dimasak sambil ngantuk

image

Salah satu masalah clasic ketika sahur adalah rasa ngantuk. Jangankan untuk memasak, untuk makan sahur saja rasanya malas. Nah, menu yang satu ini akan sangat cocok buat anda yang punya kebiasaan ngantuk ketika waktu sahur. Cara masaknya cukup simple, bahkan sambil ngantukpun bisa. Caranya..  Tumis bawang putih yang sudah diiris tipis hingga berbau harum. Lalu masukan telur, orak-arik hingga merata. Kemudian tambahkan sayur yang sudah dipotong kecil-kecil sesuai selera. Bisa sayur buncis, kol, kacang, atau sayur lainya. Orak-arik merata menggunakan api sedang hingga matang.

Bagaimana?  Semua menu di atas cukup mudah bukan. Selain nilai gizi yang terjamin, cara memasak dan biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu merepotkan. Jika anda menginginkan menu makan sahur yang simple namun tetap memberi asupan gizi yang cukup, kenapa tidak anda coba untuk memasaknya?  Selamat berpuasa dan semoga aktifitas tetap lancar.

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top