Connect with us

Pemerintah Indonesia Akan Blokir Pokemon Go, Apa Alasanya?

Trending

Pemerintah Indonesia Akan Blokir Pokemon Go, Apa Alasanya?

itulho.com – Sedang dalam hangat-hangatnya, ternyata game Pokemon Go mengalami banyak sekali kendala di lapangan. Game yang tengah populer ini banyak sekali terganjal isu miring. Setelah adanya kabar pelanggaran privasi pada akun Google para user, kini game Pokemon Go terancam diblokir oleh pemerintah Indonesia. Apa alasanya?

image

Pada hari kamis tepatnya tanggal 14 Juli, kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan akan memblokir game Pokemon Go. Pihak Kominfo menyatakan, keputusan yang akan mereka ambil tersebut bukan karena tanpa alasan. Melainkan sudah melalui berbagai pertimbangan. Alasan utama tentang rencana diblokirnya game Pokemon Go adalah karena faktor keselamatan. Karena game Pokemon Go menuntut para user untuk bermain di luar ruangan demi berburu Pokemon yang ada di dalam game. Game yang memanfa’atkan fitur GPS pada smartphone ini memang mengharuskan para pemain berkeliling ke tempat-tempat yang ditunjukan oleh GPS mereka demi mendapat Pokemon.

Tujuan pihak pengembang sendiri mungkin baik, karena agar para user tetap bisa aktif ketika bermain game. Namun ternyata karena hal tersebut, ternyata banyak user yang melupakan faktor keselamatan mereka demi bermain game. Bahkan banyak juga yang bermain di sembarang tempat, bahkan ketika sedang berkendara di jalan. Tentu hal tersebut dapat membahayakan keselamatan diri dan juga orang lain.

image

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan, bermain game Pokemon Go tidak masalah selama faktor keselamatan tetap diutamakan. Boy tidak ingin kasus-kasus yang terjadi diluar negeri seperti kasus kecelakaan lalulintas bahkan kasus terjadinya penculikan, juga dialami oleh para user di Indonesia. Oleh karena itu, Boy berpesan agar para user Indonesia yang bermain game Pokemon Go tidak terlalu larut dan terbawa suasana sehingga lupa waktu dan tempat.

image

Pihak Kominfo sendiri juga sependapat, kominfo siap memblokir game Pokemon Go jika dirasa ada kasus yang terjadi. Namun Kominfo juga mengaku, pihaknya tidak mengawasi suatu aplikasi secara khusus. Kominfo hanya berfokus memperhatikan rating suatu aplikasi yang beredar agar tetap sesuai dengan umur. Ismail Cawidu selaku Humas Kominfo menyatakan, pihaknya tetap memiliki standar dalam memblokir sebuah aplikasi. Jika sekiranya ada laporan masyarakat yang merasa dirugikan, maka akan dilakukan tindak lanjut sebelum kemudian dilakukan pemblokiran. Namun Ismail menyatakan, hingga saat ini belum ada laporan dari masyarakat yang menyangkut kerugian karena game Pokemon Go.

image

Game Pokemon Go sejak awal perilisanya, memang mendapat sambutan yang cukup antusias dari para user. Selain cara bermain yang cukup unik, game ini juga menantang para user untuk melakukan kerja nyata demi mendapat Pokemon yang mereka buru. Namun seiring semakin populernya game ini, banyak juga kasus dan kabar miring yang mengiringinya. Lalu, bagaimana nasib game Pokemon Go di masa depan? Kita lihat saja nanti.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Trending

Popular

To Top