Connect with us

Manfaat di Balik Kebiasaan ‘Ngopi Cantik’

Life

Manfaat di Balik Kebiasaan ‘Ngopi Cantik’

Manfaat di Balik Kebiasaan ‘Ngopi Cantik’

Bertebarannya berbagai macam kafe dan kedai kopi sekarang ini menjadi hal yang lumrah. Di kota-kota besar, kafe atau kedai kopi ini seolah menjadi tempat yang sakral dan wajib dikunjungi oleh para mahasiswa maupun pekerja muda. Bisnis kafe ini semarak karena tren yang terjadi di masyarakat, khususnya dewasa muda, yang menjadikan kafe atau kedai kopi sebagai tempat serba bisa: nongkrong, mengerjakan tugas kelompok, rapat kecil, sampai tempat bersantai. Kafe atau kedai kopi ini pun tak sekadar menjual produk kopi mereka, tetapi juga sinyal wi-fi yang menjadi incaran konsumen.

Kebiasaan ngopi di kalangan dewasa muda Indonesia ini mulai meningkat seiring dengan kesan kafe atau kedai kopi yang terdongkrak. Bukan hanya mengikuti tren, ternyata kebiasaan ngopi ini memiliki manfaat yang mendukung kesehatan tubuh. Tentu saja dengan catatan kopi tersebut tanpa terlalu banyak campuran bahan lain seperti gula atau krimer. Memangnya, sejauh mana kopi bermanfaat bagi tubuh kita?

 

Mencegah dan Menurunkan Risiko Kanker

Kanker – Sumber: hsaniyavip.files.wordpress.com

Siapa yang tidak bergidik kalau divonis kena kanker? Mendengar rekan mengidap penyakit ini saja jantung kita rasanya mau lepas, apalagi kalau yang divonis kita.Kabar baik untuk Anda yang hobi minum kopi. Melanjutkan kebiasaan ini ternyata bisa mencegah dan menurunkan munculnya risiko kanker dalam tubuh.

Hal ini diungkap berdasarkan studi WHO dan evaluasinya terhadap 500 studi mengenai korelasi kanker dan berbagai minuman (salah satunya kopi). Kebiasaan minum kopi secara teratur justru bisa menurunkan risiko penyakit kanker, khususnya kanker hati dan kanker rahim. Badan Penelitian Kanker Internasional WHO atau IARC pun menyebutkan bahwa minum kopi tidak akan membawa efek karsinogenik terhadap kanker payudara, prostat, maupun pankreas.

Kopi Ampuh Dalam Mencegah Munculnya Demensia ataupun Alzheimer

Ilustrasi Dementia – Sumber: dailycaring.com

Bukan hanya nikmat, secangkir kopi yang Anda nikmati setiap hari secara teratur ternyata punya manfaat lain. Manfaat itu adalah mencegah kemunculan penyakit demensia dan alzheimer.

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan kopi dan demensia. Hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Gerontology Series A: Biological Sciences and Medical Sciences tersebut menganalisis lebih dari 6.000 perempuan berusia 65 tahun ke atas. Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian tersebut adalah perempuan berusia lanjut yang memiliki kebiasaan minum kopi secara teratur setiap hari memiliki risiko yang lebih rendah terhadap demensia dan gangguan kognitif lain.

Jadi makin semangat ngopi, nih. Uy!

Bad Mood? Atasi dengan Secangkir Kopi Hangat!

Ilustrasi Bad Mood – Sumber: holistix.files.wordpress.com

Terutama untuk kaum hawa yang lekat dengan istilah moody, coba deh mulai sekarang biasakan konsumsi kopi secara teratur. Kenapa? Usut punya usut, ternyata kopi bisa mengatasi masalah moody atau kondisi bad mood seseorang, loh!

Hubungan antara kopi dan suasana hati ini pernah menjadi bahan penelitian oleh studi yang dilakukan National Institute of Health. Setidaknya, empat cangkir kopi yang dikonsumsi secara rutin setiap hari akan menurunkan risiko depresi sebanyak 10% dibanding mereka yang tidak punya kebiasaan ngopiKok bisa sih? Jangan heran, kandungan antioksidan yang ada dalam kopi ini jadi kunci utama mengapa kopi cukup baik dikonsumsi mereka yang tergolong moody.

Merawat Kulit Agar Tetap Cantik dan Lembut

Perawatan Kulit dengan Kopi – Sumber: i1.wp.com

Sudah banyak klinik kecantikan dan perawatan tubuh yang mengandalkan kopi sebagai bahan untuk merawat kulit agar tetap cantik, lembut, dan kencang. Kalau begini, perempuan mana yang tidak mau?

Si hitam pahit ini memang punya sejuta cara untuk memberi kejutan terbaik bagi kita. Bukan hanya bisa diminum, kopi juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit dan tubuh. Kopi bisa diolah menjadi masker, lulur, dan produk kecantikan lainnya. Itulah mengapa sudah sangat banyak produsen yang mengolah kopi menjadi bahan utama produk kecantikan mereka.

Tapi, kalau boleh saran sih, mengolah biji kopi asli dan langsung menggunakannya sebagai bahan perawatan akan lebih baik bagi tubuh karena tidak tercampur terlalu banyak bahan kimia. Toh, harganya juga bisa lebih murah kan?

 

Whoooo! Ternyata keren juga ya minuman kopi. Masa sih masih mau menolak tawaran minum kopi kalau sudah tahu manfaatnya yang luar biasa ini?

Mahasiswi Ekonomi yang 'hobi' nulis. Punya ketertarikan jalan-jalan dan foto-foto. Sedikit gendut banyak bahagianya.

More in Life

Popular

To Top