Connect with us

Main Game Bagus Untuk Kesehatan? Temukan 7 Alasanya

Life

Main Game Bagus Untuk Kesehatan? Temukan 7 Alasanya

itulho.com – Apa anda hobi bermain game? Atau bahkan salah satu orang yang maniak game? Mungkin.. Seorang gamer sering dianggap oleh sebagian orang sebagai orang yang memiliki hobi cukup negatif. Karena bagi banyak orang, bermain game itu tak ada untungnya. Justru malah membawa banyak dampak buruk. Seperti lupa belajar, pemalas, buang-buang uang, kurang baik untuk kesehatan, dan tentunya juga buang-buang waktu yang berharga bila digunakan untuk bekerja.

Namun sebaiknya pemikiran seperti itu anda tahan dulu. Karena sebenarnya, bermain game itu tak selamanya memiliki dampak negatif. Ada pula beberapa hal positif yang justru anda dapat hanya ketika anda bermain game. Dan ini bukan hanya sebatas isapan jempol, melainkan sudah dibuktikan lewat berbagai penelitian dan riset khusu. Dan inilah 7 keuntungan yang didapat dari bermain game.

Jadi Lebih Sehat Dan Membantu Program Diet

image

Seiring berkembangnya teknologi dalam dunia game, game-game yang dapat kita mainkan juga semakin beragam. Tak seperti zaman dulu yang mengharuskan pemainya duduk manis penuh konsentrasi pada layar, game-game masakini diciptakan lebih intraktif. Bahkan beberapa game mengharuskan para pemainya untuk bergerak agar bisa menyelesaikan tantangan dalam game. Misalnya saja game berjudul Shape Up,Just Dance, atau Dance Central. Jika anda banyak bergerak, tentu anda akan berkeringat bukan? Dan itu sangat baik untuk kesehatan anda. Bahkan dapat membantu mensukseskan program diet yang anda jalani karena bisa membantu membakar kalori.

Memperluas Jaringan Pertemanan dan Menambah Relasi

image

Di zaman dimana teknologi telekomuikasi dan informasi yang semakin maju ini, banyak sekali game-game yang bisa dimainkan secara online. Sehingga anda bisa memperluas jaringan pertemanan anda dan menambah relasi anda dengan berinteraksi antar pemain dari seluruh penjuru dunia. Meski hanya sebatas teman virtual di dalam game, tapi tak jarang para gamer akan mengadakan sebuah pertemuan antar sesama pemain di dunia nyata.

Bisa Bikin Otak Tambah Pintar

image

Game-game berjenis RPG dan strategi, memang menuntut para pemainya untuk berfikir. Mereka harus mampu mengambil langkah yang tepat atau menyelesaikan teka-teki untuk bisa masuk pada level berikutnya. Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University of London membuktikan kalau bermain game seperti “Starcraft” akan membuat otak pemainya lebih cerdas. Dalam penelitian yang telah dilakukan dengan melibatkan 72 partisipan yang ditugaskan bermain game Starcraft dan The Sims selama 6-8 minggu. Menunjukan peningkatan kecerdasan yang signifikan dibanding sebelum bermain game.

Bisa Menghambat Penuaan Dini

image

Nah, mungkin saja ini salah satuanfa’at bermain game yang banyak dicari oleh pemuja penampilan. Bagi anda yang ingin terlihat awet mda, bermain game ternyata mampu menghambat terjadinya penuaan dini lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jason Allaire profesor di bidang psikologi, bermain game 2 jam perhari mampu menghambat terjadinya penuaan dini pada tubuh. Karena orang yang bermain game, memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi ketika bermain game kesayanganya.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit

image

Menurut riset yang dilakukan oleh American Pain Society’s pada tahun 2010, ternyata bermain game dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit. Hal tersebut dibuktikan pada seorang penderita yang tengab menjalani Kemoterapi. Bukan hanya itu, tingkat stress orang yang suka bermain game, lebih rendah dari pada orang yang tidak hobi bermain game.

Untuk Metode Terapi Mengatasi Depresi

image

Sebuah temuan menyatakan, peneliti dari New Zealand pernah menulis sebuah novel yang bercerita bagaimana game bisa digunakan sebagai metode terapi untuk mengatasi depresi. Dalam bukunya tersebut, sang peneliti bercerita video game yang diberi nama SPARX bisa berfungsi sebagai metode penyembuhan depresi pada anak. Bahkan dikatakan bisa lebih efektive dari pada menggunakan konselor profesional sekalipun.

Sehat Juga Untuk Isi Dompet

image

Selain bisa menjaga kesehatan jasmani, bermain game juga sangat berguna untuk menyembuhkan KANKER, alias kantong kering. Para gamer profesional kelas dunia, bisa mendapatkan banyak uang dari bermain game. Seperti mengikuti event game tertentu, atau membagikan tips dan trik suatu game di youtube. Jika anda tahu bagaimana cara memanfa’atkan hobi nge-game anda, maka bisa jadi dompet anda jauh dari kanker.

Nah, itukah 7 hal positive yang bisa anda dapatkan dari bermain game. Jika anda tahu caranya, tahu manfa’atnya, dan tahu bagaimana mengatur waktu yang tepat, maka anda akan tahu bahwa bermain game juga cukup berguna.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top