Connect with us

Lulusan Jurusan Sastra Mau Kerja Apa? 5 Posisi Penting Ini Sudah Menanti

Life

Lulusan Jurusan Sastra Mau Kerja Apa? 5 Posisi Penting Ini Sudah Menanti

  1. itulho.com – Apakah anda adalah seorang lulusan jurusan sastra? Apakah anda masih bingung ingin bekerja sebagai apa? Apakah anda menyesal karena mengambil jurusan sastra disebabkan susahnya mencari pekerjaan yang tepat? Stop fikiran negatif anda. Siapa bilang bidang pekerjaan yang bisa digeluti lulusan jurusan sastra terbatas? Ada banyak pekerjaan yang sejalan dengan bidang anda. Bahkan ada beberapa posisi yang hanya bisa diduduki oleh lulusan jurusan sastra.  Dan inilah 5 posisi penting yang sudah menunggu anda.

image

1. Menjadi Editor Bahasa di Kantor Penerbitan Atau Media

Seiring berkembangnya teknologi, kini kantor media bertebaran dimana-mana. Dan nama-nama penulis baru juga sering kita temui dengan ide-ide kreatif yang mereka tuangkan dalam buku mereka. Tentunya dengan semakin banyaknya penulis yang mengirim karya mereka ke penerbit, maka peran seorang editor bahasa akan sangat penting. Dan anda sebagai lulusan jurusan sastra adalah satu-satunya orang yang bisa mengambil posisi tersebut. Karena syarat untuk menduduki posisi editor bahasa di kantor penerbitan atau media adalah, anda harus seorang lulusan jurusan sastra.

2. Menjadi Jurnalis

Siapa bilang yang bisa menjadi jurnalis hanya mereka yang mengambil jurusan jurnalistik? Kemampuan anda dalam tata bahasa serta keahlian tulis menulis anda sebagai lulusan jurusan sastra, membuat posisi ini terbuka lebar untuk anda isi. Karena dunia jurnalistik sangat erat kaitanya dengan dunia tulis menulis dan tata bahasa yang anda geluti. Bahkan dalam hal pengolahan kata, seorang lulusan jurusan sastra memiliki kepekaan yang cukup tinggi.

3. Bekerja di Kantor Kedutaan

Seorang lulusan jurusan sastra, minimal menguasai lebih dari satu bahasa secara sempurna dan fasih. Dengan demikian, anda memiliki peluang yang cukup besar jika ingin bekerja di kedutaan. Kemampuan anda dalam berkomunikasi dengan beberapa bahasa, akan menjadi poin penting untuk menunjang pekerjaan anda.

4. Menjadi Copywriter

Salah satu keahlian lulusan jurusan sastra dibandingkan yang lain adalah kemampuan mereka dalam merangkai kata-kata yang menarik. Maka menjalani pekerjaan sebagai copywriter adalah bidang yang tepat dengan passion anda. Tugas anda adalah menulis kata-kata yang digunakan untuk keperluan advertising. Gunakan keahlian anda dalam menyusun kata yang menarik untuk membuat slogan atau tulisan yang digunakan dalam iklan.

5. Menjadi Content Writer

Banyaknya perusahaan yang sedang memulai startup juga bisa sangat menguntungkan bagi anda yang mengambil jurusan sastra. Karena biasanya perusahaan startup memiliki website pribadi, dan tugas untuk mengisi website tersebut dengan content-content yang menarik akan menjadi pekerjaan anda. Kemampuan menulis serta merangkai kata yang mampu menghipnotis para pembacanya, adalah salah satu kelebihan jurusan sastra yang susah untuk disaingi.

Itulah 5 pekerjaan yang menanti untuk anda lulusan jurusan sastra. Sebenarnya masih ada beberapa jenis pekerjaan lagi yang cocok. Misalkan ikut di lembaga budaya, penulis buku, atau bahkan menjadi dosen sastra. Namun apapun bidang yang anda geluti, selama itu sesuai dengan passion anda..  kenapa tidak?

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top