Connect with us

Kabar Unik Tentang ‘Si Planet Merah’ Mars

Wow!

Kabar Unik Tentang ‘Si Planet Merah’ Mars

Kabar Unik Tentang 'Si Planet Merah' Mars

Kabar Unik Tentang ‘Si Planet Merah’ Mars

Nama Mars diambil dari nama dewa perang bangsa Romawi. Mars mendapatkan nama tersebut diperkirakan karena warnanya yang kemerahan. Mars merupakan planet terdekat dengan bumi dan merupakan planet keempat terdekat dari Matahari, Mars memang menarik perhatian manusia sejak dulu dan selalu menjadi bahan perbincangan para ilmuan dan astronom. Ilmuwan NASA saat ini sedang giat-giatnya meneliti dan menelusuri planet Mars yang digadang-gadang dapat menjadi planet tempat tinggal manusia selain Bumi ini.

Penelitian tersebut membuahkan kabar unik mengenai planet yang sering dijuluki sebagai planet merah ini :
Satu Tahun Di Mars berbeda dengan bumi.
Apabila kita mengetahui satu tahun di Bumi adalah 365 hari, maka kalian harus mengetahui bahwa satu tahun di Mars sama dengan 687 hari. Hal tersebut berarti planet Mars mengorbit matahari selama 687 hari dengan waktu rotasi 25,62 jam.
Gravitasi Mars lebih rendah dibandingkan Bumi.
Mars memiliki gravitasi lebih rendah dari Bumi. Tepatnya, gravitasi Mars adalah 62% lebih rendah dibandingkan dengan planet kita. Pada dasarnya, gravitasi ditentukan oleh dua faktor penting : massa dan energi. Semakin tinggi massa dan energi dalam sebuah planet, semakin kuatlah gravitasinya. Bumi adalah 1,8794 kali lebih besar dari Mars, sehingga memiliki lebih banyak massa dan energi daripada Mars.
Planet Mars memiliki dua bulan.
Phobos dan Deimos. Dari kedua bulan tersebut, Phobos akan dimusnahkan oleh Mars di masa depan. Dibandingkan dengan Deimos, Phobos adalah jauh lebih besar, dengan diameter 27 x 22 x 18 kilometer. Satu fakta menarik tentang bulan Mars ini adalah bahwa mereka mengorbit Mars tiga kali sehari, pada jarak hanya 9.378 kilometer, sedangkan bulan di Bumi mengitari pada jarak 384.000 kilometer.
Sunset Di Planet Mars.
Sunset merupakan salah satu momen yang sangat indah dan sering ditunggu-tunggu kejadiannya. Namun, apa yang membuat sunset di Mars dan di Bumi berbeda ? Apabila kita mengetahui sunset di Bumi berwarna orange, sunset di planet Mars justru berwarna biru. Hal ini terjadi karena jarak antara planet Mars dan matahari yang jauh sehingga mengurangi intensitas cahaya matahari.
Planet terestrial dengan permukaan padat.
Planet terestrial digunakan untuk membedakan dengan planet gas seperti Jupiter atau Saturnus. Planet terestrial seperti Merkurius, Venus, dan Bumi memiliki permukaan yang terbentuk oleh vulkanisme, pergerakan lempeng, dan efek atmosfer seperti badai debu.
Populasi Planet Mars.
Saat ini planet Mars dihuni oleh populasi robot-robot yang dikirim untuk meneliti planet ini. Jumlah total robot yang dikirim ke planet ini sekitar 7 buah robot. Robot ini dikirim untuk meneliti planet Mars menggantikan manusia. Hingga saat ini data-data yang diperoleh dari robot-robot yang dikirim ke Mars sangatlah membantu kemajuan pengetahuan akan planet ini. Tak jarang juga kita mengetahui foto-foto yang tertangkap oleh robot ini tentang keadaan planet Mars.
Dana untuk misi pergi ke planet Mars.
Untuk membuat planet Mars menjadi layak huni berbagai misi untuk pergi ke planet Mars di lakukan, misi tersebut tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Hal ini sama dengan untuk membuat film yang berkualitas, diperlukan dana yang tidak sedikit untuk membuatnya. Salah satunya film yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney, tak segan-segan film ini menghabiskan dana mencapai 100 USD atau sekitar 1, 189 triliun rupiah, hal ini melebihi dana untuk satu misi perjalanan India ke Mars yang mengeluarkan ongkos 4,5 miliar rupee atau 890 miliar.
Demikianlah kabar unik tentang Planet Mars, sebenarnya masih banyak kabar unik lainnya. Namun masih dalam proses penelitian lebih lanjut lagi.
Continue Reading
You may also like...

More in Wow!

Popular

To Top