Connect with us

Jangan Hanya Demi Menenangkan Perasaanmu, Lantas Kamu Berpikir ‘Big is Beautiful’!

Life

Jangan Hanya Demi Menenangkan Perasaanmu, Lantas Kamu Berpikir ‘Big is Beautiful’!

Jangan Hanya Demi Menenangkan Perasaanmu, Lantas Kamu Berpikir ‘Big is Beautiful’!

Kecantikan atau ketampanan seseorang memang tidak bisa diukur dengan standar yang pasti, apalagi mengandalkan fisik sebagai satu-satunya standar cantik atau tampan bagi perempuan dan laki-laki. Selama ini kita sudah punya pemikiran yang mendalam bahwa cantik atau tampan identik dengan tubuh tinggi, kulit putih bersih, rambut hitam dan lembut, pipi merona (bagi perempuan), otot tubuh yang terukir jelas (bagi laki-laki), dan hal-hal lain yang sifatnya sangat memanjakan mata yang memandang. Tanpa adanya ciri-ciri ini, perempuan seolah tak berhak menyandang status cantik dan laki-laki tak akan dianggap tampan. Padahal kenyataannya, semua perempuan itu cantik dan semua laki-laki sudah tampan sedari lahir.

Meski begitu, tidak lantas hal ini menguatkan statement ‘Big Is Beautiful’ – atau kalau boleh diterjemahkan secara kasar artinya Gendut itu Cantik/Tampan. Ya, memang benar tidak ada standar kecantikan atau ketampanan yang pasti. Tidak bisa disalahkan juga kalau sebagian orang berpikir gendut itu cantik (dan memang kenyataannya gendut tidak jelek, kok). Akan tetapi, bukan berarti harus teguh untuk “tidak apa-apa menjadi gendut”. Mengapa?

Secara Kesehatan, Jelas Bukan Perkara Bagus

Masih mau punya resiko kena penyakit jantung? – Sumber: merdeka.com

Tidak perlu dielak, gendut bukan sebuah kondisi fisik yang sehat. Kamu mungkin merasa nyaman dengan dirimu sekarang, tetapi benarkah tubuhmu baik-baik saja? Sudah banyak pembuktian banyak gendut terkait erat dengan berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, arthritis, haid tidak teratur, sampai pada melemahnya otot.

Kamu mungkin bisa bertahan dengan alasan “yang penting sampai sekarang sehat” atau “buktinya sampai sekarang tidak kenapa-napa“. Tapi ingatlah bahwa hal itu tidak bisa bertahan selamanya. Kamu harus mulai menyayangi dirimu sendiri dengan tidak membiarkannya tersiksa untuk dibalut lemak-lemak bandel.

Tak Cuma Kesehatan Fisik, Bertahan di Tubuh ‘Besar’ Bisa Memberimu Gangguan Kesehatan Psikis

Mudah depresi – Sumber: omahberita.com

Gendut, overweight, atau bahkan obesitas tak hanya akan mengganggu kesehatan fisikmu. Kamu yang besar bahkan tidak terhindar dari risiko kesehatan psikis yang awal mulanya dari kondisi fisikmu sendiri. Ambil saja contoh sederhana mulai dari perasaan sangat malu, tidak bisa bersosialisasi, sampai depresi – yang mungkin didukung juga oleh adanya bully dari lingkungan sosial.

Apapun yang berlebihan tak akan berdampak baik untukmu. Mulailah untuk menyadari betapa pentingnya memiliki tubuh ideal dan sehat. Jangan hanya karena statement kuno ini kamu jadi bertahan pada kondisi yang sebenarnya tidak layak.

Tidak Produktif! Inilah Mengapa Beberapa Perusahaan Menolak Orang Gendut.

Kerjanya malah cuma makan dong? – Sumber: humanresourceonline.com

Terdengar cukup diskriminatif, tetapi ada alasan kuat mengapa beberapa perusahaan menetapkan standar fisik bagi para pelamarnya. Kebanyakan dari mereka menginginkan pelamar yang memiliki tubuh ideal dengan penampilan menarik. Hal tersebut tak jarang diperlihatkan secara terang-terangan ketika mereka memasang lowongan pekerjaan lengkap dengan kriteria orang yang dibutuhkan.

Beberapa perusahaan menolak pelamar gendut. Hal ini terkait dengan kinerja mereka. Orang yang kelebihan berat badan, gendut, atau bertubuh besar, cenderung kesulitan melakukan beberapa aktivitas yang menuntut kelincahan fisik dan sikap gesit. Hal ini bisa berpengaruh pada produktivitas kerja perusahaan secara keseluruhan. Pada akhirnya, mereka harus membayar orang yang kinerjanya tidak sesuai harapan – hanya karena kendala fisik mereka yaitu gendut. Tentu saja hal ini memberatkan bagi perusahaan.

Tiga hal ini hanya alasan-alasan utama yang kuat mengapa kamu sebaiknya tidak menjadi orang bertubuh besar. Mulai sekarang, belajarlah mencintai dirimu sendiri, termasuk dengan menjaga kesehatanmu agar tidak sampai kelebihan berat badan atau bahkan obesitas.

Mahasiswi Ekonomi yang 'hobi' nulis. Punya ketertarikan jalan-jalan dan foto-foto. Sedikit gendut banyak bahagianya.

More in Life

Popular

To Top