Connect with us

Hati-hati..!! Game Pokemon Go Bisa Mencuri Data Pribadi Akun Googlemu

Trending

Hati-hati..!! Game Pokemon Go Bisa Mencuri Data Pribadi Akun Googlemu

itulho.com – Bagi anda para penggila game, tentu sudah tidak asing dengan hadirnya game Pokemon Go yang kini tengah banyak digandrungi para pengguna smartphone Android dan iOS. Game yang bertemakan berburu Pokemon dengan memanfa’atkan fitur GPS pada perangkat smartphone anda ini memang tengah naik daun. Apalagi ditambah “demam Pokemon Go” yang cepat menyebar di dunia maya, maka semakin hari jumlah user yang bergabung untuk memainkan game Pokemon Go semakin banyak.

Namu sebuah kabar kurang sedap mulai beredar di kalangan netizen. Yaitu tentang game Pokemon Go yang bisa mencuri semua data di dalam akun Google yang kita miliki. Memang untuk bisa memainkan game ini, para user diharuskan login terlebih dahulu. Para user bisa memilih salah satu dari dua pilihan, yaitu masuk menggunakan akun Google atau membuat akun baru via Pokemon Trainer Club. Namun sayangnya, situs Pokemon Trainer Club sedang dalam masa perbaikan, sehingga satu-satunya cara agar user bisa bermain hanyalah dengan masuk menggunakan akun Google mereka.

image

Namun sebuah temuan yang dilakukan oleh seorang pria yang bekerja di sebuah perusahaan analisis keamanan menyatakan, terjadi pelanggaran privasi pada akses akun yang digunakan untuk bermain Pokemon Go. Adam Reeve, nama pria tersebut. Kecurigaan awal muncul ketika tidak ada pemberitahuan hak akses ketika kita login menggunakan akun Google. Setelah Adam mencoba mengotak-atik setting akun Googlenya, ternyata diketahui bahwa Pokemon Go meminta akses ke seluruh data pribadi Google kita secara default.

Itu artinya, pihak Niantic Labs selaku pengembang game bisa mengetahui seluruh data di akun google yang terhubung dengan Pokemon Go ketika login. Sehingga jika mau, pihak Niatic Labs bisa melakukan apa saja dengan akun Google kita. Mulai dari membaca email pribadi yang masuk, mengirim email atas nama kita, akses ke penyimpanan Google Drive milik kita, bahkan semua data-data pribadi yang terhubung di akun Google kita. Jika difikir-fikir, ini sudah menjadi pelanggaran privasi tingkat tinggi. Dan karena kabar ini pula, kini pihak Niantic Labs mendapat banyak sorotan dan kecurigaan dari para penggunanya.

image

Namun pihak Niantic Labs mencoba membantah hal tersebut. Mereka menyatakan, bahwa data yang dapat diakses oleh akun Pokemon Go hanyalah sebatas info dasar saja sebagai profil game. Sehingga, data-data pribadi user dalam akun Google mereka tetap aman. Namun jika memang apa yang dikatakan oleh Adam Reeve itu benar, bisa jadi itu karena adanya bug dalam game. Karena game Pokemon Go memang masih dalam perbaikan untuk pengembangan ke depan. Untuk menjawab kehawatiran para user yang takut data-data pribadinya dicuri, maka pihak Niantic Labs akan segera menghubungi Google untuk meminta kerja sama mereka mengatasi masalah pada hak akses tersebut.

Pihak Niantic Labs akan meminta pihak Google agar membantu mengatur masalah privasi yang menjadi bug. Pihak Google menanggapi hal tersebut dengan cukup terbuka. Mereka akan membantu menjaga agar data-data pribadi user tetap terjaga. Namun pihak Google juga mengingatkan, sebaiknya para user segera mengatur ulang akun Google mereka pada menu setting jika merasa ada yang aneh pada akun mereka. Sebenarnya, adanya kabar ini cukup menimbulkan banyak pertanyaan.

image

Disaat game Pokemon Go sedang populer, banyak pengembang game yang mencoba membuat game tandingan untuk bersaing. Salah satunya adalah game Yu-Gi-Oh yang kabarnya akan dibuat menggunakan teknologi Hollow Lance yang membuat game ini bisa hadir ke dunia nyata lewat visual hologram. Adanya isu miring pada Pokemon Go, bisa jadi hanyalah salah satu cara promosi pendukung. Atau memang bisa juga karena ada bug di dalam game Pokemon Go tersebut. Apapun kemungkinanya, tidak ada salahnya anda mulai berhati-hati bukan?

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Trending

Popular

To Top