Connect with us

Gawat..!!  Game Pokemon Go Bisa Jadi Ancaman Keamanan Bagi Negara

Trending

Gawat..!!  Game Pokemon Go Bisa Jadi Ancaman Keamanan Bagi Negara

itulho.com – Demam game Pokemon Go yang mulai merambah berbagai negara di dunia, ternyata banyak mendapat tanggapan yang cukup beragam dari berbagai kalangan. Kebanyakan orang mungkin akan berfikir itu hanya sebuah game yang tidak ada bedanya dengan game-game biasa pada umumnya. Namun lain lagi jika yang menilai game tersebut adalah pihak militer atau pejabat tinggi negara. 

Wakil ketua DPR RI I, TB Hasanuddin menyatakan, game Pokemon Go bisa menjadi ancaman serius bagi keamanan suatu negara, terutama Indonesia. TB yang juga pernah menjabat menjadi mantan sekretaris militer di era pemerintahan presiden Megawati ini, menyatakan jika game Pokemon Go bisa membocorkan lokasi-lokasi strategis suatu negara atau keberadaan pejabat tinggi negara. Sehingga hal tersebut bisa menjadi pemicu tindak terorisme dan dapat mengancam keselamatan pejabat tinggi negara. 
“Ya jadi harus hati-hati. Bagi saya ini bagi pejabat dan lain-lain, yang bisa dimanfaatkan untuk teroris. Bisa ditembak dengan mortir. Saya ingatkan pejabat VVIP, ini perlu dijaga untuk hindari dari tindakan tak bertanggung jawab,” ujar TB Hasanuddin kepada wartawan, Jumat (15/7/16).

“Alhamdulilah di Indonesia belum ada rocket launcher. Tapisatu saat bisa saja ada alat semacam itu, bisa ditrack oleh aximuth rokcet launcher,”sambungnya.


Game Pokemon Go memang mulai banyak mendapat sorotan setelah beberapa kabar miring menerpa game ini. Game yang memanfa’atkan fitur GPS pada smartphone ini memang menuntut para pemain untuk memberitahukan lokasi mereka. Hal tersebut memudahkan kita untuk dilacak melalui satelit atau bahkan melalui sinyal samartphone kita. Untuk para teroris, hal tersebut bisa disalah gunakan untuk mengetahui posisi target atau tempat-tempat strategis yang menjadi sasaran terorisme. 
Bukan hanya Indonesis,  Mesir juga tengah menyampaikan peringatan untuk waspada pada game ini. Permainan yang mengharuskan para user untuk memberitahu lokasi mereka via GPS ini dirasa sangat mencurigakan dan meyimpan niat terselubung. Apa lagi beberapa waktu lalu sudah tersebar isu bahwa pihak Niantic Labs selaku pengembang, sudah melanggar privasi pada akun para user yang login menggunakan layanan Google. Karena aplikasi Pokemon Go meminta izin secara default untuk bisa mengakses data dan informasi yang ada di dalam akun Google kita. Sehingga semua informasi, data, bahkan email kita bisa mereka baca. Dan yang lebih gawat lagi, mereka bisa saja mengirim email atas nama kita atau menelusuri tiap data dan file penting yang kita simpan di Google Drive. 


Game Pokemon Go memang belum resmi diluncurkan di Indonesia. Namun jika melihat banyaknya masalah yang menyandung game ini, bisa jadi pemerintah Indonesia akan melarang game ini di Indonesia. Meski begitu, sudah banyak juga user dari Indonesia yang memainkan game ini dengan “mencuri” dari situs-situs di internet. Dan anehnya meski game ini belum resmi diluncurkan di Indonesia, game ini tetap bisa dimainkan dan berjalan dengan baik. Jika Indonesia belum resmi sebagai negara yang mendukung untuk bermain game ini, bagaimana bisa game ini tetap bisa dimainkan di Indonesia? Itu akan menjadi pertanyaan besar yang semakin menambah kecurigaan kita. Benarkah game ini bisa membahayakan bagi keamanan negara?  Apa benar memang ada niat terselubung dalam pembuatan game ini? Entahlah..  Kita tunggu saja berita lebih lanjut. 

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Trending

Popular

To Top