Connect with us

Efek Yang Mungkin Terjadi Karena Kemenangan Trump

Trending

Efek Yang Mungkin Terjadi Karena Kemenangan Trump

Efek Yang Mungkin Terjadi Karena Kemenangan Trump

Kemenangan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke 45 diwarnai berbagai macam pro dan kontra. Selama ini, Donald Trump dikenal sebagai pebisnis yang kesannya ia tak punya kapabilitas cukup untuk memimpin negara. Trump juga dikenal sebagai pribadi yang cenderung diskriminatif. Ia juga tak takut mengutarakan berbagai pendapat dan pernyataannya yang selalu kontroversial. Meski menghadapi berbagai komentar perlawanan bahkan demonstrasi yang ditujukan padanya, Trump tidak surut semangat dan tetap mantap melangkah dalam ajang pemilihan presiden AS hingga ia ditetapkan memenangkan pemilihan.

Donald Trump – Sumber: The Boston Globe

‘Euforia’ kemenangannya dalam pemilihan presiden AS itu bukan hanya dirasakan warga Amerika saja. Negara-negara tetangga dan yang bekerja sama dengan AS menjadi pihak yang turut merasakan dampak dari kemenangan dan pelantikan Trump. Apa saja dampak atau efek samping yang perlu Anda ketahuai dari pengangkatan Trump sebagai presiden AS?

Dampak Terhadap Kaum Perempuan

Mungkin Anda tak jarang mengetahui pemberitaan terkait Trump dan kaum perempuan. Selama masa kampanye, Trump dinilai pesaingnya sebagai pribadi yang cukup merendahkan perempuan. Akan tetapi, pernyataan ini justru berbanding terbalik dengan hasil jajak pendapat yang mendapatkan data bahwa sebesar 42% pendukung Trump adalah perempuan.

Hukuman Terhadap Aborsi – Sumber: snopes.com

Trump memiliki satu pernyataan yang memiliki dampak ganda bagi dua kubu perempuan, yaitu mengenai pelarangan aborsi dan hukuman bagi para pelaku. Di satu sisi, pernyataan ini mendapatkan dukungan dari perempuan sebab hal itu dipercaya akan mengembalikan pandangan tradisional tentang perempuan yang seharusnya terlibat dalam tumbuh kembang anak. Di sisi berlawanan, pernyataan Trump soal hukuman terhadap pelaku aborsi mendapatkan pertentangan mengingat hak untuk melakukan aborsi ini sudah dilegalkan sejak tahun 1973.

Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia

Terpilihnya Donald Trump dalam ajang pemilihan presiden AS ternyata melemahkan Rupiah yang tadinya memiliki nilai Rp 13.000 per dolar menjadi Rp 13.800 per dolar. Selain itu, Trump selalu mengungkapkan rencana pembatalan perjanjian perdagangan dari mana pun yang dianggap akan melemahkan atau merugikan Amerika. Apa hubungannya dengan Indonesia?

Rupiah dan Dollar AS – Sumber: kompasiana.com

Indonesia perlu menjadi negara yang pro aktif terhadap kebijakan ini. Hubungan antara Indonesia, Cina, dan Amerika Serikat relatif erat. Bila suatu saat terjadi hal yang buruk pada hubungan kerja sama antara Cina dan Amerika, Indonesia diharapkan bisa menjadi penengah di antara keduanya. Perlu diketahui bahwa Cina menanamkan investasi yang cukup besar di Indonesia yaitu senilai 2.16 miliar Yuan atau setara dengan Rp 4.16 triliun.

Kemungkinan Munculnya Resesi Global

Resesi merupakan kondisi kemerosotan ketika produk domestik bruto atau GDP menurun drastis dan/atau ketika terjadi penurunan nilai pada pertumbuhan ekonomi rill di minmal 2 kuartal dalam satu tahun. Ini bisa menjadi mimpi buruk ketika Trump menjalankan program kerjanya persis seperti apa yang disampaikannya selama masa kampanye.

Resesi Global – Sumber: emergingequity

Kebijakan anti perdagangannya bahkan diprediksi bisa menyebabkan resesi seperti yang terjadi pada Inggris kala Brexit. Proteksionisme perdagangan seperti yang diimpikan Trump diyakini membawa dampak yang jauh lebih besar dari yang kita kira, seperti penurunan nilai ekspor bagi negara kita sendiri kepada Amerika yang selama ini sudah menjadi negara kerja sama yang baik.

Tiga hal ini hanya segelintir dampak yang relatif terlihat dari efek kemenangan dan pelantikan Donald Trump. Masih banyak dampak-dampak lain yang tak terlihat meski sebenarnya bisa berefek cukup masif bagi sebuah negara maupun satu benua. Namun, semoga saja harapan kita akan kestabilan kerja sama antara AS dengan negara-negara lain termasuk Indonesia bisa terwujud meski hanya dalam harapan yang kecil.

Mahasiswi Ekonomi yang 'hobi' nulis. Punya ketertarikan jalan-jalan dan foto-foto. Sedikit gendut banyak bahagianya.

More in Trending

To Top