Connect with us

Deretan Lukisan Yang Dibanderol Lebih Mahal dari Sebuah Rumah

Wow!

Deretan Lukisan Yang Dibanderol Lebih Mahal dari Sebuah Rumah

Deretan Lukisan Yang Dibanderol Lebih Mahal dari Sebuah Rumah

Seni merupakan salah satu bentuk ekspresi seseorang. Seni terdiri dari beragam bentuk. Ada yang dalam bentuk seni suara, seni lukis, seni bahasa, dan lain-lain. Untuk seni lukis sendiri, kita tahu ada cukup banyak pelukis legendaris, baik pelukis dalam negeri maupun pelukis internasional, yang menghasilkan masterpiece luar biasa. Saking uniknya, hasil lukisan mereka bisa dijual dengan harga yang fantastis. Berapa nominal harga fantastis tersebut? Bisa dibilang cenderung tidak masuk akal karena bahkan satu hasil lukisan saja harganya bisa jauh lebih mahal dari rumah dan mobil. Tidak percaya?

The Card Players (Karya Paul Cezanne)

The Card Players – Sumber: paulcezanne.org

Lukisan pertama yang digadang-gadang jadi lukisan termahal adalah lukisan berjudul ‘The Card Player’. Lukisan karya Paul Cezanne ini kabarnya memiliki nilai jual sekitar US$ 267 juta dan laku pada tahun 2011. Kalau dikonversikan dalam satuan Rupiah, setidaknya kamu harus menyiapkan Rp 3.6 triliun untuk menebus satu lukisan ini. Cukup gila, tapi bagi pecinta karya seni lukis, nilai segitu seolah tidak menjadi harga mahal karena bagi mereka memang worth it untuk kenikmatan tersendiri.

No. 5 (Karya Jackson Pollock)

No. 5 – Sumber: jackson-pollock.org

Lukisan termahal kedua adalah karya Jackson Pollock yang diberi nama No. 5. Sepintas, lukisan ini tidak bisa dipahami ‘jalan ceritanya’. Kenapa? No. 5 merupakan karya lukisan abstrak yang benar-benar abstrak. Meskipun abstrak, toh lukisan ini tetap laku dijual seharga US$ 140 juta atau pada kurs Rp 13.308/$ setara dengan Rp 1.86 triliun. Siapa konglomerat yang memilikinya? Jawabannya adalah David Geffen.

The Scream (Karya Edvard Munch)

The Scream – Sumber: edvardmunch.org

Di antara jajaran lukisan termahal di dunia, mungkin lukisan satu ini yang paling familiar. Lukisan The Scream karya Edvard Munch ini punya karakteristik sendiri yang unik dan nggak ada duanya. Pelukisnya memadukan bahan minyak, pastel, dan tempera dalam menggarap dan menyelesaikan lukisan mahal ini di tahun 1895. Harganya? Ah, ‘cuma’ US$ 120 juta saja kokYah, kalau dikonversikan dalam Rupiah, setara dengan Rp 1.6 triliun.

Nude, Green Leaves, and Bust (Karya Pablo Picasso)

Nude, Green Leaves, and Bust – Sumber: pablopicasso.org

Pablo Picasso menang banyak deh dalam ajang lukisan termahal ini. Di antara 3 lukisannya yang berhasil menyabet gelar sebagai lukisan termahal, karya lukisan berjudul ‘Nude, Green Leaves, and Bust’ ini berhasil menjadi lukisan termahalnya. Kalau kamu berniat membeli lukisan satu ini, kamu harus menyiapkan uang sekitar US$ 106.5 juta atau setara dengan Rp 1.4 miliar (dengan kurs Rp 13.308/$).

Tidak punya uang segitu banyak? Ada lukisan karya Picasso yang juga tak kalah fantastis, kok. Kamu punya opsi untuk membeli lukisannya yang berjudul ‘Boy With A Pipe’ atau ‘Dora Maar au Chat’. Harga lukisan ‘Boy With A Pipe’ sendiri mencapai US$ 104.2 juta atau setara dengan Rp 1.4 triliun. Sementara lukisan ‘Dora Maar au Chat’ dibanderol dengan harga US$ 95.2 juta atau setara dengan Rp 1.3 triliun.

Sudah lebih terjangkau?

Portrait of Dr. Gachet (Karya Vincent van Gogh)

Portrait of Dr Gachet – Sumber: vangogh.net

Van Gogh jadi pelukis impresionis asal Belanda yang karyanya masuk dalam jajaran lukisan termahal di dunia. Lukisan berjudul ‘Portrait of Dr. Gachet’ ini yang dihargai secara gila. Bayangkan saja, untuk dapat lukisan legendaris ini, kamu harus mampu menebusnya dengan nominal minimal US$ 82.5 juta atau setara dengan Rp 1.1 triliun. Jumlah yang sebenarnya cukup untuk membeli rumah dan mobil. Hmm.

Mikir dua kali nggak sih kalau punya uang banyak demi beli lukisan? Mungkin mereka yang pragmatis akan lebih realistis dalam mengalokasikan dana tersebut untuk nikah dan beli rumah. Bahkan mungkin masih bisa untuk investasi dan tabungan anak sampai sekolah menengah. Setuju?

 

Referensi utama: terselubung.in

Mahasiswi Ekonomi yang 'hobi' nulis. Punya ketertarikan jalan-jalan dan foto-foto. Sedikit gendut banyak bahagianya.

More in Wow!

To Top