Connect with us

Cara Mudah Mengetes Kebohongan

Life

Cara Mudah Mengetes Kebohongan

itulho.com – Sebagai manusia, kita pasti pernah melakukan kebohongan. Entah itu kebohongan kecil atau besar, intiny kita pernah berbohong karena suatu alasan. Kebohongan memang hal yang sulit ditebak, karena kita harus memiliki cukup bukti untuk mengatakan seseorang tersebut tengah berbohong atau tidak. Biasanya, para polisi memiliki metode sendiri dalam mengetes kejujuran seseorang. Bisa lewat alat pendeteksi kebohongan, atau dengan bantuan ahli psikologi. Meski hasilnya tak bisa dikatakan pasti 100% akurat.

Namun ternyata, kita juga bisa belajar mendeteksi kebohongan seseorang lho. Meski metode ini juga tidak 100% tepat, namun bisa anda jadikan metode sederhana sebagai pertimbangan sebelum menjatuhkan keputusan. Misal, anda curiga pasangan anda selingkuh. Atau anda bertanya pada orang yang anda suka apa dia juga suka pada anda. Nah, dengan cara sederhana ini, anda bisa sedikit menebak bahwa apa yang dia katakan itu jujur atau tidak. Pengen tahu caranya? Langsung simak cara mudah mendeteksi kebohongan di bawah ini.

image

Mata Yang Melirik Ke Segala Arah

Tanda pertama yang bisa anda kenali adalah lewat matanya. Jika anda mengajukan sebuah pertanyaan, dan anda melihat matanya melirik ke segala arah dan tak menentu, bisa jadi dia tengah berbohong. Karena mata yang melirik ke segala arah bisa menjadi tanda psikologi bahwa dia merasa kurang nyaman dengan pertanyaan anda. Hal tersebut juga menunjukan tanda kegelisahan guna mencari cara agar bisa lepas dari masalah, yaitu mencari solusi untuk melakukan kebohongan.

Mata Berkedip Berkali-kali Lebih Sering

Untuk ukuran normal, mata manusia akan berkedip sebanyak 6 kali dalam satu menit. Itu adalah nilai rata-rata. Dan biasanya orang yang sedang stress atau sedang berbohong, dia akan berkedip 5 sampai 6 kali lebih banyak dalam satu menit. Kegiatan kita dalam mengedipkan mata, bisa menghasilkan zat Dopamin dalam tubuh yang gunanya untuk membuat kita merasa nyaman. Dan orang yang sedang stress atau berbohong, akan melakukan itu agar dirinya merasa nyaman untuk menghindari rasa gelisah.

Menutup Mata Lebih Dari Satu Detik

Menutup mata, adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh. Dikala kita takut atau was-was, secara tak sadar kita akan melakukan hal ini. Nah, jika dia menutup mata lebih dari satu detik, bisa jadi dia tengah berbohong pada anda. Mungkin pribahasa “kebenaran bisa dibaca melalui mata” itu benar adanya. Maka dia mencoba agar anda tidak bisa membaca kebohongan di matanya.

Sering Melirik ke Arah Kanan

Seseorang yang normal dan tidak kidal, maka dia akan melihat ke arah kiri ketika mencoba mengingat suatu hal atau peristiwa. Karena dia mencoba mengakses memori yang ada di otaknya. Sedangkan orang yang kidal atau dominan menggunakan tangan kiri, akan melakukan hal yang sebaliknya. Jika dia normal dan bukan kidal, dan sering melirik ke arah kanan ketika anda menanyakan sesuatu, bisa jadi jawabanya adalah kebohongan. Karena otak bagian kanan bagi orang yang normal adalah tempat dimana kita merangkai imajinasi. Bisa jadi, dia sedang mengarang cerita.

Langsung Melihat Ke Arah Kanan

Nah, kalau yang ini tanpa basa-basi langsung melihat ke arah kanan. Bisa ditebak jika dia sedang mengaksea imajinasinya untuk mengarang sebuah cerita untuk mengelabui anda. Karena jika dia ingin mengingat sesuatu, biasanya dia akan melihat ke arah kiri. Karena otak bagian kiri adalah tempat dimana kita mengakses memori tentang segala hal yang pernah kita lihat atau kita alami. Namun jangan lupa, jika orang kidal maka sebaliknya.

Tangan Sering Menyentuh Atau Menggaruk Wajah

Percaya atau tidak, ketika seseorang berbohong.. maka tubuh akan bereaksi. Salah satunya adalah tubuh merasa gatal terutama di bagian wajah. Nah lo.. kalau yang ini cukup mudah diingat kan?

Keluar Keringat Berlebihan

Biasanya kalau seseorang sedang takut, tertekan, atau merasa was-was, dia akan mudah sekali berkeringan. Coba anda perhatikan.. apa banyak keringat yang keluar dibagian kening, pipi, atau belakang leher. Atau bisa juga anda lihat ketika dia mengusap wajahnya berkali-kali.

Kepala Menggeleng Berlebihan

Katanya, ketika seseorang berbohong, maka tubuh juga akan bereaksi. Adakalnya reaksi yang ditimbulkan mencoba berlawanan dengan apa yang dikatakan. Salah satunya adalah dengan menggelengkan kepala. Biasanya orang yang jujur, akan lebih sering mengangguk tanda setuju. Namun orang yang berbohong bisa jadi akan lebih sering menggelengkan kepala ketika dia berbicara. Hal tersebut dikarenakan.. reaksi tubuhnya yang mencoba menolak bahwa apa yang dia katakan itu tidak benar atau berbohong.

Meski kebanyakan metode di atas cocok dan bisa digunakan untuk hal yang sederhana, namun bukan berarti semua cocok 100%. Karena sebelum menggunakan metode di atas, kita juga harus tahu dulu kebiasaan orang tersebut. Takutnya kalau yang dia lakukan tersebut karena memang sudah menjadi kebiasaan dia. Nah, selamat bermain jadi detektif.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top