Connect with us

Cara Mudah Jualan Online Menggunakan Facebook

Cara Mudah Jualan Online Menggunakan Facebook

Life

Cara Mudah Jualan Online Menggunakan Facebook

Anda tentu sudah cukup kenal dengan jejaring sosial yang bernama facebook bukan? Atau malah anda sendiri termasuk orang yang selalu aktif di facebook? Tak bisa dipungkiri, di era zaman teknlogi ini adanya jejaring sosial seperti sudah menjadi kebutuhan pokok dalam sebuah komunitas. Dengan adanya situs jejaring sosial seperti facebook, kita bisa mengenal bermacam-macam orang tanpa terkendala tempat dan juga usia. Jika biasanya anda hanya menggunakan facebook untuk senang-senang saja, kenapa anda tidak memanfaatkan hobi anda yang sekedar iseng itu untuk mencari penghasilan tambahan? Yaitu dengan cara berjualan menggunakan facebook.

Di masa sekarang ini, penjualan produk secara online dengan memanfaatkan facebook sudah menjadi hal yang wajar. Anda bisa berjualan apa saja, mulai dari baju, kosmetik, barang elektronik, dan lain sebagainya. Caranya juga cukup mudah. Jika anda memiliki barang sendiri yang akan dijual, anda tinggal memasang foto dan keterangan singkat beserta penawaran anda di beranda facebook anda, di grup, atau di halaman facebook yang anda kelola. Tapi jika anda tidak memiliki produk sendiri tapi ingin ikut mencoba berjualan, bergabung pada agen supplier dengan menjadi reseller, affiliasi, atau sistem dropship juga dapat menjadi solusi yang cukup tepat. Dan lagi, modal yang anda keluarkan juga tak terlalu banyak.

Keuntungan Jualan Menggunakan Facebook

1. Gratis..‼

Cara Mudah Jualan Online Menggunakan Facebook - free

Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah.. semua fitur dan fasilitas bisa anda dapatkan  secara gratis..‼ Berbeda jika anda membuat toko online sendiri, tentu biaya yang anda keluarkan juga semakin banyak. Anda harus menyewa hosting, membeli domain, dan juga merancang toko anda sebagus mungkin agar terlihat professional. Belum lagi masalah persaingan di search engine yang cukup sengit agar toko online anda mudah ditemukan oleh para pengunjung. Sedangkan jika anda menggunakan facebook, anda tak harus memikirkan semua itu. Fasilitas bisa anda dapat secara gratis, dan produk yang anda posting secara otomatis akan muncul di beranda teman-teman anda. Jadi, anda tak perlu pusing memikirkan persaingan SEO untuk mendapat rangking di search engine.

2. Calon Pembeli Yang Jelas

Cara Mudah Jualan Online Menggunakan Facebook

Berbeda dengan sistem toko online mandiri, berjualan menggunakan facebook membuat anda akan lebih mudah dalam mencari calon konsumen. Bahkan anda bisa melihat prospek calon konsumen yang kemungkinan besar mau membeli produk anda. Karena melalui facebook, anda bisa dengan mudah mempelajari calon konsumen anda dengan mengintip profil mereka. Melihat apa yang mereka suka, gaya hidup mereka, dan lain sebagainya. Berbeda dengan web toko online mandiri yang menuntut anda harus berjuang mati-matian hanya untuk mendatangkan pengunjung, dan pengunjung tersebut belum tentu membeli meski sudah mau datang.

3. Komunikasi Yang Lebih Mudah

Cara Mudah Jualan Online Menggunakan Facebook

Salah satu kelebihan jualan menggunakan facebook adalah adanya komunikasi yang jelas dan mudah. Anda bisa menjelaskan produk anda pada calon konsumen dengan saling mengkomentari, atau bisa juga via inbox. Bahkan menjalin kepercayaan dengan konsumen juga tak terlalu sulit selama anda mencantumkan data diri anda secara jelas di profil anda. Saling terbuka satu sama lain atas jati diri masing-masing, bisa menumbuhkan kepercayaan yang kuat antara anda dan calon konsumen anda. Dan kepercayaan adalah salah satu pintu sukses dalam bisnis online.

Cara Jualan Menggunakan Facebook

Cara jualan menggunakan facebook juga cukup mudah, selama anda mampu meyakinkan calon konsumen anda, maka tak ada kendala yang akan anda hadapi. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam berjualan menggunakan facebook, di sini kami akan bagi menjadi empat langkah.

1. Menggunakan Status Facebook

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan status facebook. Anda bisa mengunggah foto produk yang anda jual beserta keteranganya. Maka secara otomatis, setiap foto produk yang anda unggah akan muncul juga di beranda teman-teman facebook anda. Dan jika salah satu ada yang merasa tertarik, kemungkinan besar mereka akan meninggalkan komentar untuk bertanya lebih lanjut.

2. Menggunakan Fanspage Facebook

Cara berikutnya adalah lewat fanspage.  Anda bisa membuat fanspage di facebook dan beri judul sesuai yang anda inginkan. Misalnya ‘TOKO JAM TANGAN MURAH’, lalu ajak teman-teman anda agar mau like fanspage anda dan menjadi anggota. Share semua yang anda posting di fanspage anda ke teman-teman anda yang menurut anda ketertarikan mereka pada produk yang anda jual cukup tinggi. Lambat laun, akan ada pengunjung yang menemukan fanspage anda secara alami lewat fitur search di facebook ketika mereka mengetikan kata kunci yang menyerupai judul fanspage anda.

3. Menggunakan Inbox

Cara yang satu ini mungkin akan sedikit merepotkan dan membutuhkan tenaga ekstra. Karena anda harus mengirim inbox pada satu persatu teman anda yang anda rasa prospeknya cukup menjanjikan. Tapi kelebihan sistem ini adalah, anda bisa lebih fokus menarget pada orang-orang tertentu. Misalkan anda berjualan baju muslim atau kebaya, jadi anda bisa menarget orang-orang yang sekiranya pasti akan tertarik dengan produk anda. Tapi ingat, lakukan yang sewajarnya saja dan jangan memaksa. Jika sampai anda ditandai sebagai spam, anda bisa kehilangan mereka karena anda diblockir.

4. Menggunakan Grup

Jika anda ingin lebih simple, anda bisa mencoba bikin grup. Misal grup jual beli hp online untuk wilayah tertentu, maka lambat laun anggota grup akan semakin banyak. Dari yang sekedar mencari hp atau ikut numpang jualan hp. Tak masalah, semakin banyak orang akan semakin baik. Anda juga tak akan merasa dirugikan, karena anda juga bisa ikut mempromosikan produk anda di sana bersama yang lainya. Adapun masalah laku tidaknya, rezeki sudah ada yang mengatur.

Itulah Cara Mudah Jualan Online Menggunakan Facebook yang bisa anda coba. Cara-cara di atas memang termasuk cara dasar. Bagi anda yang ingin lebih serius menekuni dunia jual beli online, anda harus siap keluar modal untuk memasang iklan di facebook. Selain kesempatan produk anda untuk dikenal semakin besar, juga akan sedikit menghemat waktu anda dalam berpromosi. Tapi kekuranganya, semua tidak gratis. Tapi bagi anda yang baru belajar menekuni dunia toko online dan jual beli online, cara-cara  di atas kami rasa sudah cukup dan dapat anda kembangkan sendiri seiring bertambahnya pengalaman anda di dunia jual beli online.

Selamat mencoba..‼

Seorang yang suka dengan dunia teknologi terutama internet, android dan SEO. Mencoba menuangkan tulisan nya di blog ini untuk memberikan informasi dengan tujuan utama membatu para pembaca nya

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Cara Mudah Menggunakan Twitter untuk kemajuan Bisnis Online Anda . ituLho

Leave a Reply

More in Life

Popular

To Top