Connect with us

Bikin AC Sendiri Tanpa Tenaga Listrik? Bisa Kok

Wow!

Bikin AC Sendiri Tanpa Tenaga Listrik? Bisa Kok

itulho.com – Musim penghujan sudah hampir lewat, dan siap-siap menyambut musim kemarau yang akan datang. Udara panas dan suhu yang cukup ekstrim, akan melanda semua wilayah tanah air tercinta ini. Apalagi posisi kita yang berada di lintas garis Khatulistiwa, membuat negeri berhawa tropis ini akan semakin gerah. Bagi anda yang memiliki dana lebih, maka membeli AC atau kipas angin bisa menjadi pilihan untuk meringankan penderitaan anda. Namun jika anda termasuk dalam golongan yang berkantong pas-pasan seperti anak kos, mahasiswa, atau bahkan pengangguran, maka urusan perut akan lebih penting dari sekedar penyejuk ruangan. Jadi, apakah ada solusi lain selain membeli kipas angin atau AC? Jawabanya adalah “ADA”, yaitu dengan membuat AC sendiri.

Membuat AC sendiri? Memang bisa? Siapa bilang tidak bisa? Bahkan kita bisa membuat AC alami tanpa memerlukan tenaga liatrik. Dan cara ini sudah banyak membantu kurang lebih 25.000 rumah di Bangladesh, India. Project sederhana yang diberi nama Eco-Cooler tidak membutuhkan alat atau keahlian khusus untuk bisa membuatnya. Yang anda butuhkam hanyalah selembar kardus yang agal lebar dan beberapa buah botol plastik bekas. Lalu, bagaimana cara membuat AC semdiri tanpa tenaga listrik ini? Simak caranya di bawah ini.

Cara Membuat AC Sendiri Tanpa Listrik

1. Lubangi Kardus

image

Pertama, anda harus membuat lubang-lubang kecil pada lembaran kardus yang sudah anda siapkan. Jumlah lubang harus sama dengan jumlah botol, dan besar lubang harus muat leher botol.

2. Potong Botol dan Pasang

image

image

Potong botol plastik yang tadi sudah anda siapkan menjadi dua bagian, bisa dengan gunting atau cutter. Gunakan bagian botol yang terdapat leher botolnya. Lubangi bagian tutup botol. Lalu masukan botol tersebut pada lubang-lubang di kardus hingga setengah leher botol.

3. Pasang di Jendela

image

Setelah semua selesai, silahkan pasang AC buatan anda sendiri di jendela dengan bagian leher botol menghadap ke dalam rumah. Anda bisa menggunakan paku atau skrup untuk menempelnya di jendela. Lalu rasakan perbedaanya.

Kok bisa seperti itu? Bagaimana cara kerja alat ini? Nah, sebenarnya cara kerja alat ini cukup simple. Dia mengkompresi udara panas ke udara dingin. Prinsipnya hampir sama ketika anda mencoba bernafas menggunakan sedotan, maka udara yang keluar dari sedotan akan terasa dingin. Begitu pula AC alami ini. Udara panas dari luar yang masuk ke dalam botol, akan mengalami perubahan suhu hingga beberapa drajat lebih dingin ketika keluar melewati bagian leher botol yang lebih sempit. Jadi bagaimana? Apa anda cukup tertarik untuk mencoba?

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Wow!

Popular

To Top