Connect with us

Ampas Teh Yang Sungguh Berguna Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Life

Ampas Teh Yang Sungguh Berguna Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Ampas Teh Yang Sungguh Berguna Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Ampas Teh Yang Sungguh Berguna Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Teh tentu sangatlah akrab dengan masyarakat Indonesia. Mayoritas masyarakat Indonesia setidaknya meminum satu cangkir teh setiap hari. Teh juga merupakan minuman yang dapat dicampur dengan sari buah dan bunga, sehingga rasanya akan lebih menyegarkan. Salah satu hasil olahan teh dengan sari buah dan bunga diantaranya adalah lemon tea, apple tea, teh melati dan lain-lain. Dengan adanya teh dengan berbagai rasa tersebut, membuat orang yang mengkonsumsinya tidak merasa cepat bosan dengan rasa teh yang itu-itu saja.

Selain rasanya yang nikmat, teh memiliki beberapa kandungan nutrisi yang cukup berguna bagi manusia antara lain sebagai berikut.

  • Polifenol

Kandungan polifenol yang berada dalam teh merupakan senyawa flafonol dan katekin yang dapat berguna sebagai antioksidan yang dapat beruguna untuk menangkal radikal bebas.

  • Vitamin A

Dalam teh, juga terdapat vitamin A yang disebut denga betakaroten.

  • Vitamin C

Vitamin C dalam teh juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh maupun menangkal tubuh dari berbagai macam penyakit.

  • Vitamin E

Kandungan vitamin E yang terkandung dalam teh ini juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Ketika membuat dan menyeduh teh, biasanya seseorang akan langsung membuang ampas teh tersebut setelah digunakan / diseduh sebanyak 1 – 2 kali. Namun, sebaiknya mulai sekarang jangan biasakan untuk terburu-buru membuang ampas teh yang sudah digunakan karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang berguna untuk kecantikan wajah.

Adapun manfaat dari ampas teh yang dapat kita peroleh antara lain sebagai berikut :

Membantu menghilangkan kantung mata

Munculnya kantung mata pada seseorang dapat terjadi karena kurangnya atau kebanyakan tidur, terlalu lama bekerja di depan komputer, kurang minum air putih maupun kebanyakan makan makanan asin. Nah apabila Anda mempunyai keluhan mengenai kantung mata jangan khawatir karena Anda dapat memafaatkan ampas teh guna mengatasinya.

Mengatasi Jerawat

Di dalam kantong teh terdapat kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin E yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dengan cara menggunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman untuk dijadikan sebagai masker wajah, diamkan selama 10 – 15 menit sebelum dibilas agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagai lulur mandi

Ampas teh dapat digunakan sebagai detoks yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta membersihkan, menghaluskan dan melembabkan kulit. Caranya cukup sederhana. Keluarkan ampas teh dari kantong teh celup hingga terkumpul sebanyak 2 sendok makan ampas. Campurkan ampas teh dengan 1 sendok lulur mandi dan 1 sendok tepung beras. Setelah tercampur rata, gunakan adonan tersebut sebagai lulur untuk mandi.

Mengobati bisul

Apabila Anda memiliki bisul, Anda dapat menggunakan bekas ampas kantung teh celup. Caranya mudah, yaitu dengan kompres bisul dengan ampas teh celup selama kurang lebih 15 menit hingga mengering. Lakukan cara ini secara berulang-ulang hingga bisulpun menjadi lenyap.

Membantu mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin E pada teh dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Apabila Anda ingin mencerahkan kulit wajah, Anda dapat menggunakan ampas teh untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat menggunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman. Usapkan ampas teh tersebut untuk scrub atau sebagai masker wajah. Untuk mendapatkan hal yang maksimal, lakukanlah langkah ini secara rutin.

Membantu menghilangkan ketombe

Satu lagi manfaat yang dapat Anda peroleh dari ampas teh adalah membantu menhilangkan ketombe. Sama dengan langkah sebelumnya, campurkan ampas teh dengan air secukupnya dan gunakan untuk membilas rambut Anda. Pijat dengan lembut kepala Anda selama kurang lebih 10 menit dan lanjutkan dengan keramas menggunakan shampoo seperti biasa. Lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Nah, sekarang sudah tau kan manfaat dari ampas teh. Tunggu apalagi, silahkan langsung di coba. Sudah terbukti manfaatnya.

 

Continue Reading
You may also like...

More in Life

Popular

To Top