Connect with us

7 Cara Agar Orang Tua Yakin Dan Mendukung Pilihan Karier Anda

Life

7 Cara Agar Orang Tua Yakin Dan Mendukung Pilihan Karier Anda

itulho.com – Sulitnya mencari lapangan kerja saat ini, tentu membuat orang-orang merasa hawatir. Sehingga setiap orang akan mempertimbangkan pekerjaan apa yang paling cocok dan kelak bisa ditekuninya sebagai karier. Begitupula orang tua, mereka juga pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Ada dari anda yang mendapat dukungan penuh dari orang tua untuk karier yang anda pilih, tapi tak jarang juga ada yang mendapat pertentangan dari orang tua. Alasanya sederhana, itu karena mereka merasa kurang yakin dengan pilihan karier yang anda pilih. Nah, jika itu adalah masalah yang sama seperti yang anda alami saat ini, maka kiat tentang 7  cara agar orang tua yakin dan mendukung karier anda ini bisa anda coba.

image

1. Beri Penjelasan Lengkap, Jangan Setengah-setengah

Kehawatiran orang tua pada masa depan anaknya, itu adalah hal yang wajar. Mereka selalu berusaha agar anaknya bisa mendapat yang terbaik. Namun masalahnya, terkadang antara anak dan orang tua memiliki sudut pandang dan pola fikir yang berbeda. Begitupula dalam memilih karier. Adakalanya orang tua akan menentang sebuah karier yang ingin digeluti anaknya. Bisa jadi perbedaan sudut pandang itu dikarenakan zaman yang dilalui berbeda atau memang karena orang tua belum memahami seluk beluk karier yang anda pilih tersebut. Maka untuk bisa meyakinkan mereka pada pilihan anda, anda harus mampu menjelaskan segala hal tentang karier anda secara jelas. Mulai dari potensi pasar, potensi penghasilan, seberapa besar kemungkinan untuk sukses, seberapa luas lapangan kerja yang tersedia, dan lain-lain sebagainya. Jika anda menjelaskan dengan setengah-setengah, itu hanya akan membuat orang tua semakin tidak yakin dengan pilihan karier anda.

2. Tunjukan Bahwa Anda Memiliki Skill yang Cocok dengan Karier yang Anda Pilih

Bisa jadi orang tua menolak karier yang anda pilih karena mereka tidak yakin dengan kemampuan yang anda miliki. Misalnya anda ingin menjadi seorang seniman, tapi orang tua anda sangat tahu kemampuan kreatifitas anda terbatas. Maka tigas anda adalah, anda harus mampu menunjukan bahwa anda memang punya skill pada karier yang anda pilih. Mungkin memang butuh waktu hingga mereka yakin, lakukan saja pelan-pelan.

3. Ceritakan Kisah Perjalanan Sukses Karier Senior Anda

Jika anda tertarik dengan suatu karier karena melihat pendahulu anda yang sukses karena karier tersebut, maka coba cari tahu dan gali lebih dalam tentang cerita kesuksesan perjalanan karier senior anda tersebut. Lalu coba anda itarakan pada orang tua anda, untuk memberi mereka gambaran cara kerja dan hasil apa saja yang dapat anda capai nantinya. Tentu saja agar mereka menjadi yakin dengan pilihan anda dan mau mendukung anda.

4. Petakan Rencana Karier Hingga Beberapa Tahun ke Depan dan Juga Alternatif Karier Lainya

Gagal dalam karier, adalah salah satu alasan kuat yang membuat orang tua anda hawatir dan kurang yakin dengan pilihan anda. Maka dengan memetakan rencana karier anda hingga beberapa tahun ke depan, bisa memberi gambaran langkah-langkah apa saja yang nantinya akan anda lakukan. Tentunya hal ini akan membuat orang tua anda yakin dengan pilihan anda. Apa lagi jika anda juga mengutarakan beberapa karier alternatif jika karier yang anda geluti saat ini nantinya gagal.

5. Meminta Bantuan Keluarga Atau Teman

Jika sekiranya anda tidak bisa meyakinkan orang tua anda sendiri, maka poin nomor 5 ini bisa menjadi cara yang cukup tepat. Anda bisa meminta bantuan pada kerabat keluarga atau teman-teman anda yang dipercaya oleh orang tua anda, untuk memberi orang tua anda pengertian agar mau mendukung karier anda. Dalam hal ini, obrolan yang santai, fikiran yang dingin, serta kesabaran adalah kuncinya. Karena proses tetap butuh waktu.

6. Tunjukan Website Perusahaan Beserta Informasi Secara Online

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, maka sudah tidak sulit lagi untuk kita mendapat informasi yang kita butuhkan. Coba tunjukan website-website perusahaan yang anda incar yang akan anda geluti sebagai karier pada orang tua anda. Siapa tahu dengan mereka membaca profil perusahaan pada website tersebut dan segala informasi tentang perusahaan tersebut, mereka akan yakin pada pilihan anda.

7. Mencari Waktu Yang Pas dan Kondisif Untuk Bicara

Cara yang terakhir adalah, anda bisa mengutarakan keinginan anda sendiri pada orang tua anda. Namun anda harus mencari waktu yang pas. Usahakan suasana yang kondusif agar semua bisa berjalan sesuai yang anda harapkan. Dengan 7 cara ini, saya harap orang tua anda bisa cukup yakin dan mendukung dengan karier yang anda pilih.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top