Connect with us

6 Antivirus Gratis Terbaik 2015

Trending

6 Antivirus Gratis Terbaik 2015

ItuLho.com – Antivirus, siapa yang tidak mengenal software ini? Untuk anda para pengguna komputer ataupun leptop pasti sudah sangat familiar akan software ini. Secara singkat fungsi antivirus ini adalah untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Software ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya untuk mendeteksi virus. Program anti-virus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai, hacking, dan perangkat perusak lainnya. Tidak hanya itu, anti-virus sekarang dilengkapi dengan sistem firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna komputer selama berselancar di internet.

Akan tetapi untuk mendapatkan kemampuan seperti diatas (pendeteksi perangkat pengintai, aktifitas hacking, firewall, dsb) anda diharuskan untuk membeli antivirus tersebut. Dan harganya pun tidaklah murah, kita diharuskan membayar kurang lebih sekitar $30-$50 (jika dikalikan dengan kurs dollar sekarang sekitar Rp 500.000,00), harga yang mahal hanya untuk satu buah software saja bukan?

Tetapi janganlah bingung, para pembuat (developer) software antivirus tersebut juga beberapa meluncurkan versi Gratis (Free Edition). Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa antivirus gratis terbaik yang memiliki fitur yang hampir menyerupai dengan versi Donasi (Paid Edition), silahkan disimak :

[nextpage title=”6″]

6. Panda Free Antivirus

Panda? Nama yang asing untuk sebagian pengguna antivirus pada umumnya. Antivirus besutan dari negeri tirai bambu ini memiliki tampilan yang sangat menarik dan bisa dikatakan mirip dengan Windows 8.1 yang memiliki tema Metro. Untuk penggunaannya pun juga cukup mudah. Pada saat melakukan proses scanning, antivirus ini hanya menggunakan memori kurang lebih sekitar 50MB saja, cukup ringan bukan? Untuk ukuran aplikasi antivirus lainnya yang menggunakan memori sekitar 100MB lebih. Bagi anda yang ingin mencari antivirus gratis dan memiliki tampilan yang lebih baik tidak ada salahnya mencoba antivirus yang satu ini.

Link : http://www.pandasecurity.com/

[nextpage title=”5″]

5. 360 Total Security

Jika Anda sedang mencari paket antivirus standalone 360 Total Security mungkin tampak memiliki sedikit kelebihan dalam ukuran file. Antivirus ini menyediakan dukungan antiphishing, perlindungan belanja online, jaringan yang mengancam pemblokiran, berselancar di internet secara aman, Windows update checker, dan masih banyak lagi.

Dengan fitur yang banyak ini membuat antarmuka relatif kompleks. Ini tidak selalu mudah dioperasikan, dan jika Anda mengalami masalah tidak ada dokumentasi yang signifikan untuk dapat membantu masalah tersebut.

Namun, apa yang membuat menarik adalah bahwa jika anda menggunakan tidak kurang dari empat software antivirus. Anda tetap dapat menginstalnya dan Anda dapat dilindungi oleh teknologi BitDefender, Avira, dan antivirus 360 Total Security itu sendiri. Hebat bukan?

Ini bukan hanya beberapa teknik marketing saja. Laboratorium independen termasuk AV-Test, AV-Comparatives and Virus Bulletin menilai bahwa 360 Total Security sebagai salah satu dari dua produk antivirus terbaik.

Jadi, apakah anda akan memilih produk antivirus ini?

Link : http://www.360totalsecurity.com/

[nextpage title=”4″]

4. Avira Free Antivirus

Avira-650-80

Beberapa perusahaan keamanan menghabiskan banyak waktu dan usaha pada desain antarmuka, tetapi Avira tidak begitu peduli akan hal tersebut. Ya, Avira Free Antivirus menambahkan sebuah peluncur grafis untuk system tray Anda, tetapi program inti terlihat polos, biasa, dan terlihat tidak terlalu menarik.

Untungnya Avira mengetahui akan hal ini. Perusahaan tampaknya jauh lebih tertarik pada substansi daripada gaya, dan hasil akhirnya Avira adalah salah satu Free Antivirus terbaik dari beberapa antivirus lainnya.

Antivirus ini dicintai oleh laboratorium pengujian. Jika Anda memeriksa AV-Test, AV-Comparatives atau laporan VB100, teknologi Avira hampir selalu mendapatkan skor sangat tinggi. Dan itu tidak hanya dalam kaitannya dengan freeware. Pada ajang AV-Comparative’s Desember 2014 Real-World Protection Test menduduki sebagai program antivirus terbaik kelima dari 22 program antivirus pesaingnya, yang kebanyakan diantaranya merupakan program antivirus berbayar, dengan tingkat perlindungan 99.4% sama dengan besutan antivirus kelas atas Bitdefender dan Kaspersky.

Jika Anda sedang mencari kehidupan yang mudah maka Anda dapat meninggalkan program Antivirus Avira itu berjalan dengan sendirinya, dan Avira akan melakukan tugasnya hampir keseluruhan secara otomatis. Tapi pengguna tetap dapat menggunakan kontrol terhadap apa yang dilakukan selama Avira melakukan tugasnya tersebut. Ada pilihan untuk melindungi Host file, blocking autorun, arsip scan, memonitor jaringan network, mengatur jenis file yang akan dipindai, bahkan anda dapat terlindungu dengan menggunakan sandi pada saat instalasi Avira Anda, sehingga orang lain tidak bisa merubah pengaturan yang telah anda simpan.

Namun, Avira Free Antivirus juga memiliki kekurangan, yang mungkin menjadi masalah bagi kebanyakan pengguna. Opsi “Firewall” yang terbilang sangat sedikit (mereka mengkonfigurasi firewall Windows standar, daripada menambahkan sesuatu yang baru), dan bahkan perlindungan web dasar memerlukan ekstensi browser yang terpisah.

Namun, bagi kami, desain stripped-back Avira merupakan nilai plus, karena membuat lebih mudah untuk menambahkan alat keamanan lainnya tanpa timbul adanya konflik. Faktor tersebut yang membuat Avira sangat akurat sehingga kami sangat merekomendasikan bagi anda untuk memilih antivirus ini sebagai alat proteksi bagi PC anda.

Link : https://www.avira.com/

[nextpage title=”3″]

3. AVG Antivirus Free Edition

AVGFree-650-80

Program antivirus ini juga tidak kalah banyak yang menggunakannya. Tampilan antivirus AVG yang terbaru saat ini pun cukup friendly dan cukup mudah dalam penggunaannya. Untuk kemampuan dari AVG sendiri, AVG cukup dapat diandalkan. Scanning virus tergolong cepat, tetap dalam menjalankan tugasnya meskipun kita sedang dalam menjalankan aplikasi lain ataupun kita sedang tidak ada di tempat. Secara performa antivirus ini bisa dikatakan cukup baik, penggunaan ram pada sistem kurang lebih sama seperti antivirus avast.

Excellent Scheduler secara otomatis menjalankan scan secara berkala, pada hari-hari tertentu, dalam seminggu, atau sebulan – dan mungkin ketika sistem anda reboot. Dan juga AVG dengan mudah untuk menjadwalkan program yang akan diupdate, memastikan ini tidak akan menguras bandwidth jaringan ketika Anda sedang membutuhkannya.

Fitur AVG Turbo Scan sudah seharusnya dapat meningkatkan kecepatan pemindaian dengan “mengikuti urutan file yang disimpan ke hardisk”. Terdengar seperti teknik marketing, tetapi pengujian kami menyatakan sebaliknya, dengan fitur ini AVG AntiVirus Free dapat mencapai waktu scan tercepat dibandingkan dengan produk sekelasnya.

Akurasi juga sangat penting untuk diperhatikan. Program ini merupakan hanya sebagian dari hasil rata-rata dalam uji coba kecil kami, dan laboratorium pengujian juga tidak terlalu terkesan untuk menggunakan AVG. AV-Comparatives’ 2014 Real-World Protection Tests menempatkan AVG disekitar pertengahan dari 22 pesaingnya, meskipun mereka juga menunjukkan satu ditambah signifikan: program ini menghasilkan sangat sedikit false positives file ketika AVG melakukan proses scanning.

Kecepatan, configurability dan antiphishing didalam program ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Dan jika Anda seorang penggemar AVG maka mungkin patut dicoba.

Link : http://www.avg.com/

[nextpage title=”2″]

2. Avast! Free Antivirus 2015

avast-650-80

Diperingkat ke-2 ditempati oleh software antivirus yang sudah banyak pula yang menggunakannya. Terlebih lagi antivirus ini terbilang cukup ringan untuk digunakan. Dalam tampilan Interface pun tidak kalah menariknya dari para pesaing lainnya, setiap tahun antivirus ini selalu merubah tampilan interface-nya sesuai dengan perkembangan zaman sehingga kita sebagai pengguna tidak merasa bosan dengan design interface yang itu-itu saja.

Pada saat digunakan, avast! tidak terlalu banyak menggunakan memori sistem, ketika proses scanning dilakukan, avast! hanya menggunakan RAM tidak lebih dari 40MB, cukup kecil bukan? Ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan antivirus gratis dan ringan dalam prosesnya.

Laboratorium pengujian memberikan Avast skor mid-range, menempati posisi diatas AVG dan Avira. Avast! Free Antivirus mungkin tidak dapat memberikan penawaran sebagai aplikasi antivirus dengan perlindungan terbaik. Namun Avast memberikan tampilan interface yang terbaik diantara para pesaing lainnya, dan pengguna yang berpengalaman sangat menghargai atas konfigurabilitas ekstrim yang dimiliki avast.

Link : http://www.avast.com/

[nextpage title=”1″]

 

1. BitDefender Antivirus Free 2015

Dan yang terakhir dan yang terbaik adalah ini. Ya, Bitdefender Free Antivirus 2015, sudah sejatinya dia mendapatkan gelar terbaik untuk kelas antivirus, baik Paid Edition ataupun Free Edition. Untuk versi Free dari Bitdefender ini memang produsen Bitdefender telah memangkas beberapa fitur dari versi Paid. Berikut fitur yang didapatkan dari Bitdefender Free Edition ini :

  • Real-time Shield, kemampuan untuk melindungi seluruh sistem dari file yang terinfeksi yang datang dari luar, sebelum para virus itu memiliki kesempatan untuk menyebar didalam PC anda.
  • Active Virus Control, Teknologi proaktif yang cepat dan akurat dalam mendeteksi potensi ancaman, bahkan dalam kasus virus baru yang sudah dirilis namun belum memiliki perlindungan.
  • Intrusion Detection System, Memastikan bahwa aplikasi yang mencoba mengakses internet atau jaringan tidak terlindungi malware. Intrusion Detection secara otomatis diinformasikan ketika aplikasi seperti itu, dan memblok kegiatan mereka ketika mereka pergi melewati batas.
  • B-Have, Sebuah kemampuan Proaktif mendeteksi ancaman yang tidak diketahui produk lain, dengan menganalisis bagaimana aplikasi berperilaku dalam lingkungan yang aman. Jika tidak ada tindakan yang membahayakan terdeteksi, B-Have akan memulai program dengan normal. Jika tidak, maka secara otomatis akan mengkarantina atau menghapusnya.
  • HTTP Scanning, Memproteksi Anda dari penipuan seperti kartu kredit, upaya phishing, Bitdefender Antivirus Free Edition akan menscan semua link Anda akses dari browser Anda dan blok mereka ketika mereka terbukti menjadi tidak aman untuk diakses.
  • Anti Rootkit, Rootkit adalah jenis software tersembunyi, berbahaya, yang dapat membantu hacker mendapatkan kontrol dari komputer Anda. BitDefender Antivirus Free Edition menggunakan teknologi khusus yang mendeteksi dan blok software berbahaya tersebut.
  • Auto Scan, Bitdefender akan secara otomatis melakukan Scan jika sewaktu-waktu komputer anda membutuhkan.
  • Early boot Scanning, Teknologi ini memindai sistem pada saat booting, segera setelah semua layanan penting yang dimuat. Booting Scanning memastikan deteksi virus pada sistem startup, dan juga meningkatkan waktu booting.

Melihat dari fiturnya, kemampuan Scan Bitdefender memang diakui sangat bagus, namun Bitdefender Antivirus Free Edition sendiri merupakan produk sederhana (minimalis) dari produk berbayarnya (Paid Edition), tidak seperti Avira, AVG atau Avast yang memberikan berbagai fitur/opsi di antivirus gratisnya, Bitdefender hampir tidak memberikan opsi apapun untuk pengguna (tampilan utama seperti diatas). Setelah Install, kita hampir tidak bisa mengatur apapun. Untuk scan saja, kita tidak akan menemukan di menu utama, tetapi hanya bisa dilakukan melalui klik kanan drive/folder.

Bagi pengguna yang benar-benar awam dengan komputer, mungkin tidak adanya opsi tersebut cukup membantu, karena setelah menginstall pengguna tidak perlu sama sekali memikirkan apa yang perlu di set. Tetapi bagi sebagian pengguna hal tersebut kurang menguntungkan. Beberapa contohnya, kita tidak bisa mengatur agar folder/file tertentu tidak discan, kita tidak bisa mengatur update, seberapa sering auto scan dan lainnya.

Link : http://www.bitdefender.com/


Dan akhirnya demikian beberapa ulasan mengenai antivirus gratis terbaik. Jadi, anda pilih yang mana? Kini anda sendiri yang menentukan.

Continue Reading
You may also like...

Don't Think Outside The Box. Think Like There is No Box.

Click to comment

Leave a Reply

More in Trending

Popular

To Top