Connect with us

5 Tips Agar Gadget Kesayangan Bisa Awet Hingga Tahunan

Life

5 Tips Agar Gadget Kesayangan Bisa Awet Hingga Tahunan

itulho.com – Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, maka ketergantungan manusia pada kemampuan teknologi cukup besar. Bukan jadi rahasia umum lagi, bahwa teknologi semakin memudahkan kinerja manusia. Bukan hanya bisa menghemat tenaga, waktu dan anggaran juga dapat diperkecil jika dibandingkan cara manual. Gadget seperti smartphone, tablet, atau laptop, merupakan gadget yang banyak dibutuhkan. Selain sudah menjadi kebutuhan pokok sebagai alat komunikasi dan hiburan, gadget yang semakin canggih juga mampu meringankan berbagai pekerjaan sesuai kebutuhan.

Namun sebagaimana yang kita tahu, tak ada yang abadi di dunia ini. Kadang gadget yang kita punya rusak dan harus diservice atau malah harus beli dengan yang baru. Semakin sering digunakan dan semakin lama jangka pemakaian, komponen yang ada di dalam gadget lambat laun kinerjanya akan menurun hingga batas maksimal. Tidak masalah jika anda termasuk orang yang memiliki dana lebih, karena membeli gadget baru selalu bisa menjadi solusi praktis. Namun beda cerita jika anda adalah orang dengan budget terbatas atau gadget tersebut adalah gadget kesayangan, tentu anda akan dilanda dilema yang mendalam. Antara ganti dengan yang baru tapi harganya lebih mahal, atau memperbaiki yang sudah ada namun tidak ada jaminan fungsi gadget anda akan normal 100%. Untuk menghindari hal tersebut, mungkin 5 tips agar gadget kesayangan bisa awet hingga tahunan ini bisa membantu.

 

1. Pilih Gadget Dengan Merk Yang Terpercaya Dan Kredibel

Kebanyakan orang ingin bisa memiliki gadget dengan fitur canggih dan lengkap namun dengan harga murah. Hal inilah yang menjadi kesalahan fatal di awal. Karena hal tersebut akan mendorong anda untuk membeli gadget yang kaya fitur namun dengan merk yang kurang bisa dipercaya. Karena dengan anggaran terbatas, keinginan anda ingin memiliki gadget canggih dengan merk terkenal ibarat mimpi. Karena kualitas dan kredibilitas tergantung dari harga. Maka, usahakan lebih mengutamakan merk yang terpercaya ketika membeli gadget. Selain kualitas dan daya tahan yang sudah teruji, sparepart dan service center juga akan mudah anda temukan.

2. Sesuaikan Dana dan Kebutuhan

Ini adalah pengembangan dari poin pertama. Jika budget anda terbatas, utamakan membeli gadget dengan merk ternama yang sudah mencukupi kebutuhan pokok anda. Jangan terlalu mengejar fitur canggih, karena semakin canggih fitur yang dibawa, harganya juga akan semakin mahal. Jika anda mengutamakan masa pakai jangka panjang, lebih baik memilih gadget dengan merk terkenal dengan fitur yang pas, dari pada merk tidak jelas meski fiturnya lebih menggiurkan dengan harga yang sama.

3. Perhatikan Kapasitas Memori dan RAM

Bukan lagi menjadi rahasia, jika kapasitas penyimpanan dan besarnya RAM termasuk nilai lebih pada sebuah gadget untuk bisa menarik konsumen. Kebutuhan memori penyimpanan yang longgar serta kekuatan RAM yang besar, diyakini mampu menopang kinerja sebuah gadget agar bekerja lebih optimal. Ternyata memperhatikan kapasitas memori internal dan besarnya RAM juga menjadi tolak ukur agar gadget anda lebih awet. Karena kapasitas penyimpanan dan RAM yang kecil jika anda paksa hingga batas maksimal, akan membuat kinerja gadget anda menjadi lelet. Bukan hanya itu, gadget yang sering dipaksa bekerja hingga batas maksimal secara terus-menerus, akan mempendek masa pakai dan tidak akan mampu tahan lama. Maka jika pekerjaan anda membutuhkan kapasitas penyimpanan dan memori yang besar, poin ini wajib anda perhatikan agar gadget yang anda beli bisa memberi mafa’at jangka panjang.

4. Beli Secara Online Akan Lebih Aman

Sebenarnya ini bukan suatu keharusan. Namun untuk lebih hati-hati, membeli gadget secara online akan lebih aman karen sudah terjamin kualitasnya. Karena jika anda membelinya di kios-kios hp biasa, ada kemungkinan gadget yang anda beli tidak memiliku garansi resmi. Dan kemungkinan yang lebih parah adalah, gadget yang anda beli adalah gasget re-kondisi dan tidak 100% baru. Biasanya banyak kios-kios nakal yang memanfa’atkan ketidak tahuan pembeli dengan menyatakan gadget re-kondisi sebagai gadget baru. Dan parahnya.. harganya tak jauh beda atau bahkan sama dengan gadget baru yang asli. Oleh karena itu, membeli gadget secara online di online store yang kredibel dan terpercaya akan sangat disarankan. Selain lebih mudah membandingkan harga, kualitas dan kondisi gadget juga lebih terjamin. Coba badingkan jika anda harus membadingkan harga dari satu toko ke toko lain secara manual. Selain memakan banyak waktu dan tenaga, barang yang anda beli tidak ada jaminan 100% aman.

5. Baca Review Sebelum Membeli

Poin yang tidak kalah penting sebelum membeli gadget adalah mencari tentang informasi gadget yang akan anda beli secara detail. Anda bisa membaca review yang ada di internet sebagai referensi. Dengan membaca review-review yang ada, anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan pada gadget tersebut. Dengan begitu, anda tidak akan menyesal nantinya setelah membeli.

Itulah 5 tips agar gadget kesayangan anda bertahan hingga tahunan. Faktor ketelitian, kehati-hatian, dan kejelian anda dalam membeli gadget adalah hal utama yang bisa mempengaruhi masa pakai gadget anda dikemudiam hari.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top