Connect with us

5 Aplikasi Wajib Biar Mudik Lancar Tanpa Macet

Life

5 Aplikasi Wajib Biar Mudik Lancar Tanpa Macet

itulho.com – Lebaran sebentar lagi tiba, hanya tinggal menunggu hitungan hari. Bagi anda yang memiliki keluarga di kampung, maka rencana untuk melakukan mudik pasti sudah anda siapkan. Segala keperluan dan barang apa saja yang akan anda bawa, pasti sudah anda tata dengan rapi. Namun mengingat waktu lebaran sudah sangat mepet, maka lonjakan dari jumlah pemudik sudah dipastikan akan sangat besar. Dan berbagai masalah di perjalanan yang sebelumnya tidak anda duga bisa saja terjadi, seperti macet.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, maka mencari jalan alternatif agar tidak terjebak macet bisa menjadi opsi utama. Namun untuk bisa mengetahui informasi yang akurat, tentunya anda membutuhkan sumber informasi yang tepat untuk memandu perjalanan anda selama melakukan mudik lebaran. Dan untuk membantu kelancaran perjalanan para pemudik, pemerintah telah mengembangkan beberapa aplikasi yang tujuanya untuk memberi informasi kondisi lalu lintas dan berbagai opsi yang bisa diambil untuk terhindar dari kemacetan. Dan berikut ini 5 aplikasi wajib biar mudik lancar tanpa macet.

1. Waze

image

Anda akan disuguhi informasi lengkap tentang kondisi lalu lintas dan berbagai informasi penting seputar lalu lintas. Aplikasi ini menyediakan tentang informasi lalu lintas, kecelakaaan yang terjadi, info pos polisi, dan kondisi jalan-jalan yang akan anda lalui. Dengan inter face yang cukup familiar, aplikasi ini akan menyediakan peta digital dan info dalam bentuk grafik.

2. TMC Polda Metro

image

Aplikasi yang dikembangkan oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya ini menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus ada di smartphone anda. Aplikasi ini akan menyediakan info seputar lalu lintas secara real time. Bukan hanya itu, anda juga bisa memantau kondisi arus lalu lintas via rekaman CCTV milik Korlantas Polri dan juga Jasa Marga. Anda juga bisa mengikuti update status seputar lalu lintas via Twitter. Aplikasi ini menyediakan info yang sangat lengkap. Mulai dari kondisi jalan, adanya kecelakaan, demo, kebakaran, macet, dan lain sebagainya.

3. Lewat Mana

image

Ini adalah salah satu aplikasi unggulan untuk memandu para pemudik. Dengan aplikasi ini, anda bisa tahu dimana posisi anda berada. Dan menyediakan informasi ruas jalan yang ada di sekitar anda sehingga anda bisa memilih dan mencari jalan alternatif ketika terjadi kemacetan. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan info seputar arus lalu lintas berupa foto atau rekaman video CCTV. Jadi, anda bisa mengetahui bagaimana kondisi lalu lintas di jalan yang akan anda lalui. Bukan hanya itu aplikasi ini juga memiliki berbagai lokasi bengkel terdekat di berbagai kota untuk banyak merk mobil. Jadi akan sangat membantu ketika kendaraan anda mengalami masalah selama di perjalanan.

4. . Smart Traffic Controller

image

STC adalah salah satu aplikasi yang dibuat khusus untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di Indonesia. Aplikasi ini bekerja menggunakan algoritma khusus sehingga mampu memberi solusi untuk mencegah adanya kemacetan. Aplikasi ini akan memberi anda rute yang tepat agar anda bebas dari kemacetan. Kinerjanya adalah.. mengatur agar tidak terjadi penumpukan arus kendaraan dalam satu jalur. Sehingga informasi yang dibagi bisa mengurai kemacetan yang mungkin terjadi. Aplikasi ini juga menyediakan info tentang kemacetan jalan, penutupan jalan, atau sistem buka tutup untuk mengatur lalu lintas.

5. JasaMargaLive

image

Dari namanya saja sudah dapat kita tebak jika aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Dengan aplikasi ini, anda bisa mendapat informasi lengkap tentang kondisi jalan tol dan jalur tol mana saja yang kemungkinan terjadi penumpukan kendaraan. Aplikasi ini menyediakan informasi secara real time via teks dan juga video rekaman CCTV yang berada di berbagai ruas tol yang akan anda lalui.

Dengan 5 aplikasi pendukung ini, diharapkan kegiatan mudik anda berjalan lancar dan tiba dengan selamat sampai tujuan untuk bertemu keluarga tercinta. Selamat melalukan mudik dan selalu hati-hati di jalan.

Continue Reading
You may also like...

Hanya manusia biasa yang humoris dan mudah penasaran dengan hal-hal baru. Memiliki hobi yang simple, terutama menggambar, menulis, dan membaca komik. Cita-cita yang cukup mustahil adalah.. berkeliling jagad raya mempelajari dan melihat hal-hal baru yang menakjubkan hingga dasar Black Hole.. hehehe..

More in Life

Popular

To Top