Connect with us

4 Manfaat Menulis Catatan Harian

Life

4 Manfaat Menulis Catatan Harian

Manfaat menulis catatan harian yang perlu Anda tahu. Bagi orang yang senang sekali membaca, tentu takkan sulit untuk merangkai kata demi kata sehingga menjadi tulisan yang baik. Dengan intensitas membaca yang sering,  Anda semakin hari semakin banyak menemukan kosakata baru sehingga menginspirasi Anda untuk mengaplikasikan kata tersebut kedalam sebuah tulisan atau catatan harian. Akan tetapi, bagi orang yang ingin menulis namun jarang membaca, jangan heran kalau Anda akan kesulitan merangkai kata-kata, karena Anda tak dapat mengerti bagaimana cara penulisan yang baik. Lalu mengapa harus menulis catatan harian? Disini, kami akan menguraikan 4 manfaat menulis catatan harian yang perlu Anda tahu.

1. Sebagai Media Untuk Mencurahkan Isi Hati

girl-808308_640

Cocok sekali bagi Anda yang tidak tahu harus bercerita kemana selain ke Tuhan. Jika Anda takut curahan hati yang diungkapkan ke orang lain dapat memperkeruh suasana, tulislah di dalam catatan harian atau di laptop Anda. Jangan lupa ketika sudah selesai menulis, bacalah kembali dan perbaiki kalimat-kalimat yang janggal sesuai dengan bahasa yang Anda sukai. Perbanyaklah membaca catatan harian orang lain di blog untuk menambah inspirasi untuk Anda sehingga akan mengurangi penat karena memiliki kesibukan baru dengan menulis catatan harian. Sesekali tulislah menggunakan tulisan tangan asli agar di masa mendatang ketika Anda membuka lembaran-lembaran itu, kenangan dahu akan lebih teringat jelas di kepala.

2. Anda Akan Lebih Dikenal

anne-frank-346861_640

Menjadi terkenal mungkin tak pernah terpikir oleh Anda sebelumnya. Tapi percayalah dengan tulisan-tulisan Anda yang diposting ke media sosial, Anda akan lebih dikenal. Ingatkah dengan pahlawan wanita Indonesia kartini ? Mengapa hanya kartini yang diabadikan hari kelahirannya tidak pahlawan wanita lainnya? karena Kartini menulis. Atau, ingatkah Anne Frank seorang bocah cilik yang teraniyaya sewaktu rezim nazi ? Ia begitu dikenal karena menulis buku harian. Mungkin untuk awal awal Anda mengira hanya akan memenuhi beranda medsos Anda, tetapi jika catatan harian Anda bagus dengan kosakata yang baik, maka orang lain akan senang membacanya. Dan yang perlu diperhatikan, Anda tak perlu agresif agar orang lain membaca tulisan Anda, tetapi yang Anda harus lakukan adalah menambah kualitas tulisan Anda agar orang lain menikmati catatan harian Anda.

3. Semakin Semangat Untuk Membaca

book-691489_640

 

Menulis tak selamanya berbentuk catatan harian saja, tetapi semakin lama Anda perlu untuk mencoba yang lain dengan tekhnik menulis yang lebih baik. Karena Anda ingin menambah kualitas tulisan Anda, rajin-rajinlah membaca apapun yang didalamnya terdapat rangkaian kalimat dengan ejaan yang baik. Anda pun setiap hari takkan pernah bosan untuk membaca berita, artikel atau cerpen di media mana saja karena Anda juga butuh untuk mencari inspirasi didalam tulisan Anda. Tulisan bukan semata-mata ungkapan demi kepentingan pribadi, tapi alangkah baiknya juga membuat orang lain belajar tentang pengalaman yang pernah kita alami. Tetaplah belajar dengan semakin giat membaca agar tulisan Anda selalu bermanfaat. Selain itu, pengetahuan Anda pun semakin bertambah.

4. Semakin Bijak Menyikapi Persoalan.

woman-851446_640

Menulis bukanlah sebuah bakat, tetapi menulis lahir karena kecintaan pada bacaan dan kebiasaan yang terbentuk dengan sendirinya. Salah satunya, terbentuk karena diawali dengan menulis catatan harian setiap hari. Menulis hanya membutuhkan pemikiran Anda dari suatu keadaan saat ini atau tentang curahan isi hati. Suatu saat, Anda pasti membutuhkan pemikiran matang agar selain untuk menyenangkan diri sendiri, Anda juga ingin tulisan Anda dapat bermanfaat untuk orang banyak. Pernahkah Anda perhatikan, para penulis-penulis ternama di dalam maupun luar negeri memiliki pemikiran sangat dewasa dan bijak yang dituangkan kedalam buku.

Nah, demikian 4  manfaat menulis catatan harian menurut versi kami. Semoga dapat menjadi motivasi Anda untuk menulis dan memperbanyak buku bacaan. Semangat !

Continue Reading
You may also like...

Always say "Alhamdulillah."

Click to comment

Leave a Reply

More in Life

Popular

To Top